Program OPOP dari Khofifah Dapat Dukungan Penuh dari ISNU Tulungagung

ADAKITANEWS, Tulungagung – Gubernur terpilih Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa menaruh perhatian terhadap kalangan pondok pesantren (Ponpes) untuk menjadi pelopor dalam pertumbuhan ekonomi, khususnya di Jawa Timur.

Menyadari potensi pondok pesantren yang sangat besar namun belum teriptimalkan, Khofifah pun menggagas program One Pesantren One Product (OPOP).

Hal tersebut disampaikan Khofifah dalam orasi ilmiahnya di depan ratusan cendekiawan Nahdlatul Ulama (NU), saat pelantikan Pengurus Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PC ISNU) Tulungagung.

Pelantikan pengurus oleh Ketua PW ISNU Jatim, Prof DR M Mas’ud Said, MM, untuk masa khidmad 2018-2022 tersebut dilaksanakan di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bangsa Tulungagung, Sabtu (29/12).

“Jadi pondok pesantren bukan hanya menjadi pusat pendidikan agama saja. Melainkan juga sebagai pelopor pertumbuhan ekonomi,” kata Khofifah Indar Parawansa.

Dengan hadirnya ISNU, yang merupakan organisasi kaum intelektual, Khofifah meyakini akan mampu mewujudkan program OPOP, yang nantinya berbuah pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Lanjut Khofifah, dalam setiap lawatannya ke luar negeri, dirinya selalu megamati dan mempelajari hal-hal yang mungkin bisa diaplikasikan untuk Jatim. “Kita saat ini masih pada posisi di antara tahapan industri 2.0 dan 3.0. Karena itu kita butuh percepatan, loncatan untuk menuju era industri 4.0,” harapnya.

Khofifah menyadari, ada banyak tantangan. Namun masyarakat harus harus diberi penyadaran bahwa generasi industri ke-4 atau generasi industri 4.0 akan berjalan dengan sangat efisien dengan aplikasi teknologi.

“Ini yang kita harapkan dari ISNU, agar fokus dengan inovasi-inovasi, sehingga akan menjadi lokomotif perubahan ke era industri 4.0 yang berbasis pada teknologi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Cabang ISNU Tulungagung, Muhammad Rifa’i mengaku, pihaknya menyambut positif program OPOP yang diinisiasi pasangan Khofifah -Emil. “Akan kita dukung dengan potensi yang ada pada ISNU,” tekad Muhammad Rifa’i.(bac)

Keterangan gambar : Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri pelantikan PC ISNU Tulungagung.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment