PPI di Blitar Bangun Tempat Pelelangan Ikan

ADAKITANEWS, Blitar – Pembangunan fasilitas penunjang di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) di Desa Tambakrejo Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar terus dilakukan. Proses pembangunan yang dilakukan saat ini diantaranya, atap dari tempat sandar perahu ke tempat untuk melelang ikan. Pembangunan itu dilakukan agar PPI satu-satunya di Kabupaten Blitar bisa segera beroperasi.

Kepala Seksi Produksi dan Pengelolaan TPI Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Blitar, Sugeng Edi Santosa mengatakan, pembangunan peningkatan fasilitas di PPI merupakan kewenangan dari Pemerintah Provinsi. “Kalau itu proyeknya memang dari Pemprov Jatim,” kata Sugeng, Sabtu (28/07).

Menurutnya, karena proyek tersebut yang menggarap Pemprov, maka tanggungjawab pembangunan di PPI itu merupakan kewenangan dari Pemprov. Terkait berapa jumlah anggaran dan juga kapan selesainya pengerjaa. Sugeng pun mengaku pihaknya belum tahu.

“Kita tidak dilibatkan dalam pembangunan itu karena itu kewenangan Pemprov, jadi kami tidak tahu,” pungkasnya.

Lebih lanjut Sugeng menuturkan, untuk tahun ini tidak ada proyek pembangunan yang ada di sekitar Pantai Tambakrejo, baik untuk fasilitas penunjang pantai maupun di PPI. “Untuk tahun ini, tidak ada kegiatan pembangunan yang bersumber dari APBD, di lokasi itu,” ujarnya.

Meski pembangunan fisik di PPI merupakan kewenangan atau tanggungjawab dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur, namun nantinya untuk operasional kegiatan di PPI, akan dilakukan secara kerjasama, antara Pemprov Jatim dan Pemkab Blitar.

“Dikarena saat ini PPI masih belum beroperasi secara resmi, maka Pemkab Blitar masih belum terlibat dalam operasional kegiatan di PPI,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Salah satu pembangunan di PPI yang nantinya difungsikan sebagai tempat untuk melelang ikan.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment