Polisi Perketat Kendaraan Yang Keluar-Masuk Lamongan

ADAKITANEWS, Lamongan – Penjagaan empat pos pengawasan dan pengamanan di Lamongan diperketat. Setiap kendaraan yang masuk Lamongan diperiksa. Hal itu dilakukan setelah penderita positif Corona meningkat.

Empat pos yang menjadi pintu utamanya masuknya kendaraan ke Lamongan itu di antaranya pos check point Stadion Surajaya, Terminal Lamongan, Rowosemando Babat dan check point Wisata Bahari Lamongan (WBL) Paciran.

Ada sebanyak 68 personel gabungan, terdiri dari TNI-Polri, Dishub dan tenaga medis yang diterjunkan di 4 pos tersebut. “Personel yang ditugaskan harus memperketat pengecekan kendaraan yang keluar masuk wilayah Lamongan,” kata Kapolres Lamongan AKBP Harun , Jumat (01/05).

Harun mengungkapkan, pemeriksaan tidak hanya fokus pada kendaraan dengan nopol luar daerah. Tapi juga semua jenis kendaraan yang keluar masuk Lamongan. Pengawasan dengan pengecekan suhu badan juga diberlakukan bagi penumpang, termasuk juga pada pengemudi kendaraan.

“Dites suhu badan, tujuannya persuasif serta edukasi dan sampai saat ini kami belum menemukan yang bersuhu tubuh tinggi,” tambahnya.

Harun mengatakan, penjagaan dan pengawasan secara ketat diterapkan semata-mata untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 dan ini diperlukan adanya kesadaran semua lapisan masyarakat. Tak hanya penumpang dan pengendara, pemeriksaan juga dilakukan terhadap barang bawaab dan juga kendaraan.

“Ini juga masuk dalam perwujudan Operasi Ketupat Semeru 2020. Jadi penyekatan pemeriksaan kendaraan umum maupun pribadi adalah dalam rangka larangan mudik oleh pemerintah dan dilakukan serentak di 4 pos check point,” ujarnya.

Mantan penyidik KPK RI ini menambahkan, ada beberapa kendaran yang diarahkan untuk putar balik kembali ke tempat asal. Sebab, tidak mematuhi larangan pemerintah terkait larangan mudik.

“Kita arahkan kendaraan secara humanis kembali atau putar balik ke tempat asal,” pungkas polisi lulusan Akpol 2001 ini.(prap)

Keterangan gambar: Petugas saat melakukan check point kepada kendaraan yang melintas.(foto suprapto)

Related posts

Leave a Comment