Pola Tanam Jadi Kunci Antisipasi Gagal Panen Musim Kemarau

ADAKITANEWS, Blitar – Krisis air saat musim kemarau seringkali menghantui petani di Kabupaten Blitar. Karena kekurangan air bisa berakibat terhadap hasil panen mereka yang terkadang juga mengalami gagal panen.

Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kabupaten Blitar, Mujib. Sehingga memasuki musim kemarau ini ia mengimbau masyarakat khususnya petani agar semakin cerdas dalam menanam.

Menurutnya, untuk mengantisipasi gagal panen di musim kemarau pihaknya menyebut bahwa pola tanam petani menjadi kuncinya. “Jadi para petani harus bisa memilih dengan tepat tanaman apa yang harus mereka tanam di musim kemarau. Tentunya petani kita semakin cerdas dalam menghadapi musim kemarau,” pungkasnya, Sabtu (14/07).

Mujib menjelaskan, petani harus bisa memanfaatkan fungsi air dengan maksimal. Sehingga harus didukung dengan peralatan yang memadai.

Menurut Mujib, pada musim kemarau peran Pemerintah Daerah sangat diharapkan para petani untuk membantu mengantisipasinya. Dimana pihaknya mendorong Pemerintah Daerah agar bisa menjaga kelestarian air di setiap daerah.

“Ya tentunya dengan sulitnya air, jaringan irigasi menjadi sangat penting. Sehingga kami berharap program kerja Pemerintah Daerah di jaringan irigasi semakin diprioritaskan,” papar Mujib.

Mujib menambahkan, saat ini lokasi yang bisa terjadi kekeringan tidak hanya di Blitar selatan tetapi merata di seluruh wilayah Kabupaten Blitar.(fat/wir)

Keterangan gambar: Mujib, Ketua Gapoktan Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment