Petani Senang Harga Gabah Naik Jelang Musim Hujan

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Di saat kenaikan harga kedelai sedang hangat diperbincangkan, hal berbeda justru dirasakan oleh sejumlah petani yang ada di beberapa wilayah Kabupaten Sidoarjo. Hal itu lantaran pada panen musim kali ini, harga jual gabah dari tangan petani mengalami kenaikan.

Rumiani salah satunya. Petani padi asal Desa Wonokasian Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo ini mengaku senang dengan harga gabah yang sedang tinggi. Kenaikan harga gabah, naik lantaran sebentar lagi sudah jarang petani yang menanam padi di sawahnya ketika musim kemarau tiba.

Rumiani menambahkan, harga gabah basah saat ini diketahui berada di kisaran Rp 4.800 hingga Rp 5 ribu per kilogram. Sedangkan untuk gabah kering, dihargai antara Rp 5.300 hingga Rp 5.500 per kilogramnya. “Harga gabah memang tinggi saat puncaknya musim kemarau seperti ini, karena sudah jarang orang panen padi,” kata Rumiani saat diwawancarai sambil memasukkan padi yang sudah kering ke dalam karung bersama anaknya, Rabu (12/09).

Dalam masa panen tahun ini, Rumiani mengaku mendapat hasil panen sebanyak satu ton lebih dari sawah berukuran sekitar 1.300 meter persegi. Dan saat ini, merupakan panennya yang terakhir karena setelah ini ia sudah tidak bisa lagi menanam padi hingga musim hujan kembali tiba.

“Ini panen kedua dalam musim kemarau ini. Dan di sawah saya saat ini, air sungai untuk mengairi sawah sudah susah. Jadi setelah ini sambil menunggu musim hujan tiba sawah akan saya tanami kacang hijau dulu,” katanya.

Sementara itu Rizal, warga Karangpuri Kecamatan Sukodono Sidoarjo selaku pengepul gabah mengatakan bahwa saat ini memang susah mendapatkan gabah. Hal itulah yang menyebabkan harga gabah di petani naik, karena sudah sedikit yang melakukan panen padi.

“Saat ini mencari gabah agak susah. Bahkan tengkulak atau pengepul gabah dari luar daerah sidoarjo pun mencari gabah ke Sidoarjo dan meraka menawar dengan harga Rp 4.700 per kilogram untuk gabah basah. Dan hal ini juga merupakan kebiasaan yang lumrah di musim seperti ini,” terangnya.(sid3)

Keterangan gambar : Rumiani sedang menjemur padi hasil panennya.(foto : andri santoso)

Related posts

Leave a Comment