Pengurusan Paspor Bagi Lansia di Kanim Kelas II Blitar Hanya 10 Menit

ADAKITANEWS, Blitar – Kaum lansia yang berada di wilayah Imigrasi Kelas II Blitar mendapat pelayanan khusus dalam mengurus paspor, Jumat (25/05). Mereka hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk mengurus paspor. Pelayanan khusus ini dilakukan oleh Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Blitar dalam rangka menyambut Hari Lansia yang jatuh pada 29 Mei 2018.

Kepala Kanim Kelas II Blitar, Muhammad Akram mengatakan, pelayanan khusus super cepat ini dilakukan sebagai wujud penghormatan dan penghargaan kepada kaum lansia. Selain bisa mengurus paspor dalam waktu kurang dari 10 menit, pihaknya juga memberikan pemeriksaan kesehatan gratis serta sebuah bingkisan.

“Kalau pelayanan paspor secara reguler biasanya membutuhkan waktu sekitar 30 – 40 menit. Tapi khusus hari ini, para lansia kita beri penghormatan untuk bisa mengurus paspor dengan waktu yang sangat singkat. Bahkan tadi ada yang kurang dari 10 menit sudah selesai,” kata M Akram, Jumat (25/05).

Lebih lanjut Akram menjelaskan, dalam melakukan pelayanan cepat bagi lansia ini, pihaknya tidak menambah petugas. Hanya saja pihaknya telah mempersiapkannya secara matang. Dimana tahapan-tahapan dalam pengurusan paspor ada yang disingkat, namun tidak mengurangi keamanan dari penerbitan paspor.

Untuk penyingkatannya, kata Akram, dilakukan saat wawancara. Karena wawancara juga bisa dilakukan sambil pengambilan sidik jari. Selain itu, pihaknya juga memaksimalkan pengisian formulir. Karena selama ini masih banyak masyarakat yang membutuhkan waktu lama dalam mengisi formulir.

“Kenapa kok bisa cepat? Jadi memang kalau untuk lansia tidak ada lagi kekhawatiran. Karena tentunya mereka WNI, tujuan keluar negeri tidak untuk jadi TKI, tidak akan berbuat yang menyalahi prosedur, dan tidak akan menyalahgunakan paspor,” tambahnya.

Akram menambahkan, pihaknya berharap melalui program ini masyarakat lebih mengetahui, bahwa Imigrasi kelas II Blitar saat ini pelayanannya sudah sangat maksimal, baik dari segi kepastian waktu, biaya, maupun tahapan.

Sementara itu, satu diantara lansia yang sedang mengurus paspor, Suharsih, 52, warga Desa Sumberagung Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar mengaku, tidak mengalami kesulitan saat mengurus paspor. Selain itu menurutnya, pelayanannya baik dan cepat. “Saya mengurus paspor untuk berangkat haji. Karena rumah saya jauh, waktu yang saya butuhkan untuk sampai disini sekitar 1 jam. Tapi syukur, disini tadi proses pelayanannya sangat cepat,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana pelayanan pengurusan paspor bagi kaum lansia di Kanim Kelas II Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment