Pendaftar Capai 900 Orang Pertahun, Daftar Tunggu Haji di Blitar Jadi 24 Tahun

ADAKITANEWS, Blitar – Data yang dihimpun dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar, daftar tunggu pemberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) saat ini sudah mencapai 24 tahun. Bagi pendaftar yang mendaftarkan diri pada Desember 2018 ini, maka diperkirakan baru akan berangkat pada 2042 mendatang.

Humas Kemenag Kabupaten Blitar, Jamil Maahadi mengatakan, antrean pemberangkatan CJH memang cukup panjang. Meski demikian pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

Jamil menjelaskan, volume pendaftar setiap bulan di Kabupaten Blitar memang tidak menentu. Namun rata-rata pertahun mencapai 700 – 900 pendaftar. Menurutnya, banyak tidaknya pendaftar setiap bulannya memang tergantung kondisi ekonomi masyarakat.

“Jika waktu panen, dalam sehari bisa mencapai 10 pendaftar. Tapi pas waktu daftar ulang anaknya sekolah, ya sedikit, kurang dari 10,” kata Jamil, Selasa (11/12).

Jamil menambahkan, pemerintah telah membuat suatu terobosan bagi calon jemaah haji lanjut usia (lansia), atau yang sudah berumur 75 tahun keatas, serta sudah mendaftat haji minimal 3 tahun, maka bisa mengusulkan berangkat maju.

“Jadi pemerintah juga terus berupaya agar mereka yang telah daftar haji bisa berangkat, termasuk bagi mereka yang lansia,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana pelayanan pendaftaran haji.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment