Pemkot Blitar Anggarkan Rp 60 Miliar Untuk Sekolah Gratis di APBD 2019

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Dinas Pendidikan Kota Blitar mengusulkan anggaran sekitar Rp 60 miliar di Raperda APBD Kota Blitar 2019 untuk program sekolah gratis. Anggaran itu paling banyak digunakan untuk biaya operasional siswa dan sekolah.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar, Dindin Alinurdin mengatakan, anggaran sekolah gratis itu sudah rutin tiap tahun. Alokasi anggaran untuk program sekolah gratis tiap tahun tidak jauh berbeda. “Tahun 2017 lalu dan tahun ini alokasi anggarannya lebih besar karena ada program pengadaan sepeda gratis. Kalau tahun depan sudah tidak ada pengadaan sepeda,” kata Dindin, Sabtu (10/11).

Dijelaskannya, alokasi anggaran untuk program sekolah gratis tahun depan hanya sekitar Rp 60 miliar. Anggaran itu untuk pembelian seragam siswa, perlengkapan sekolah, uang SPP, dan biaya operasional di sekolah.

Selain itu, anggaran tersebut juga termasuk untuk melanjutkan pembangunan gedung baru SMPN 3. Anggaran untuk melanjutkan pembangunan gedung SMPN 3 sekitar Rp 23 miliar. “Pembangunan gedung baru SMPN 3 juga bagian untuk mendukung sekolah gratis di Kota Blitar,” ujarnya.

Menurutnya, anggaran untuk program sekolah gratis itu lebih kecil dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ketika masih mengelola SMA dan SMK, anggaran untuk program sekolah gratis bisa mencapai Rp 90 miliar. Tapi, sekarang pengelolaan SMA dan SMK diambilalih oleh provinsi.

“Setelah SMA diambilalih provinsi, kami menerapkan program sekolah gratis di tingkat TK. Baru ada 17 TK negeri yang ikut program sekolah gratis. Itupun anggarannya tidak terlalu besar,” pungkasnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Ilustrasi.(google.com)

Related posts

Leave a Comment