Pemanasan Pemilu, Warga Temenggungan Nyoblos Ketua RT

ADAKITANEWS, Lamongan – Warga di Lingkungan Temenggungan Kecamatan/Kabupaten Lamongan menggelar pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT), Selasa (09/04). Model pemilihannya pun, dibuat seperti Pemilu yang akan dilaksanakan pada 17 April mendatang sebagai pemanasan.

Ada 3 kandidat yang akan dipilih oleh warga di lingkungan RT 3/RW 8 kali itu. Yakni H Mochamad Kamim nomor urut 1, H Suhartono dengan nomor urut 2, dan H Aan Yunianto nomor urut 3.

Dalam proses pemilihan itu, penitia juga menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) lengkap dengan kotak suara seperti halnya pemilu.

Proses pemilihan pun dilakukan persis seperti layaknya pemungutan suara dalam pemilihan umum, untuk menentukan satu pemenang dari tiga kandidat calon Ketua RT. Sedangkan jumlah pemilih yang ditetapkan, yakni sebanyak 80 Kepala Keluarga (KK) yang merupakan penduduk setempat.

Warga yang datang untuk menyalurkan hak suaranya langsung mendaftarkan diri dan diterima oleh petugas TPS. Selanjutnya, warga diberikan kertas suara bergambar tiga calon kandidat, dan mencoblos di bilik suara yang telah disediakan. Proses pemungutan suara dibatasi waktu. Yakni mulai pukul 19.00 WIB dan ditutup pukul 21.00 WIB.

Usai dilakukan pemungutan suara, petugas TPS pun menghitung jumlah pemilih yang hadir yakni sebanyak 45 pemilih. Dan setelah dilakukan penghitungan, akhirnya ditetapkan pemenangnya yakni kandidat nomor satu, H Mochamad Kamim dengan raihan suara sebanyak 26 suara. Sementara calon nomor urut dua, H Suhartono mendapatkan 8 suara dan calon nomor tiga, H Aan Yunianto mendapatkan suara terendah yakni 6 suara.

Bambang Purnomo, panitia pemilihan Ketua RT menjelaskan jika pemilihan ini sengaja dikemas seperti halnya pemilihan umum dengan tujuan pemanasan. “Saya mengapresiasi kepada warga yang sangat antusias dalam pemilihan Ketua RT ini. Pemilihan RT ini sekaligus bertujuan untuk mensosialisasikan kepada warganya agar andil dalam menentukan kemajuan lingkungan, utamanya Bangsa,” ujarnya.(ng1)

Keterangan gambar : Warga Lingkungan Temenggungan saat melakukan pemilihan Ketua RT.(foto: suprapto)

Related posts

Leave a Comment