Pelebaran Jalan Mastrip Sisi Timur Dianggarkan Rp 2 M

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar akhirnya akan melanjutkan lagi pelebaran Jalan Mastrip tahun 2018 ini. Tak tanggung-tanggung, Pemkot bahkan sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk pelebaran di sisi timur. Sementara panjang jalan yang dilebarkan, hanya sekitar 360 meter.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Blitar, Heru Catur W mengatakan, pelebaran Jalan Mastrip merupakan proyek lanjutan. Pada 2017, Pemkot Blitar sudah melakukan pelebaran Jalan Mastrip di sisi barat. “Tahun ini kami melanjutkan pelebaran di sisi timur,” kata Heru, Sabtu (21/04).

Heru menjelaskan, pelebaran jalan akan dilakukan di sisi timur mulai depan Stasiun Kota Blitar sampai di depan Pasar Wage. Panjang jalan yang dilebarkan diperkirakan sekitar 360 meter. Nantinya jalan itu dilebarkan menjadi 16 meter, dimana sekarang lebar Jalan Mastrip sisi timur sekitar 10 meter.

“Sekarang masih proses lelang pekerjaan. Anggaran untuk pelebaran jalan sekitar Rp 2 miliar,” ujarnya.

Sesuai perencanaan, lanjut Heru, model pelebaran Jalan Mastrip sisi timur berbeda dengan sisi barat, dimana sisi barat dibuat konsep boulevard. Jalan Mastrip di sisi barat, dibuat dua jalur dan di bagian tengahnya terdapat median jalan yang digunakan untuk taman.

Selain itu, Pemkot juga menambah lampu-lampu bergaya kuno di bagian tengah median jalan. “Kalau sesuai perencanaan, Jalan Mastrip di sisi timur hanya dilebarkan saja. Tidak ada median di tengah jalan,” terang Heru.

Untuk diketahui, pada pembangunan tahap pertama, Pemkot mengalokasi anggaran sekitar Rp 2,6 miliar. Anggaran itu untuk pelebaran, pembangunan trotoar, dan pembangunan saluran air di lokasi. Saat perubahan anggaran keuangan 2017, Pemkot mengalokasikan lagi anggaran Rp 692 juta untuk pengaspalan Jalan Mastrip sisi barat.(fat/wir)

Keterangan gambar: Kondisi Jalan Mastrip saat ini.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment