Pelanggaran Ops Patuh Semeru 2018 di Blitar Didominasi Kendaraan R2

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Memasuki hari kedelapan Operasi Patuh Semeru tahun 2018, Kamis (03/05), Satlantas Polres Blitar Kota kembali menjaring ribuan kendaraan akibat berbagai pelanggaran. Berdasarkan data yang ada pada Satlantas Polres Blitar Kota, setidaknya pilhak kepolisian sudah menilang 2 ribu lebih pelanggar.

Kaur Bin Opsnal Satlantas Polres Blitar Kota, Iptu Nanik Suryana mengatakan, rata-rata yang ditindak merupakan pengendara R2. Namun dari tujuh pelanggaran prioritas, jenis pelanggaran merata. Tujuh pelanggaran tersebut, lanjutnya, yakni yang bisa mengakibatkan korban kecelakaan.

“Semua jenis pelanggaran dari tujuh pelanggaran prioritas kami temukan di Kota Blitar. Seperti pengendara dibawah umur, tidak menggunakan helm SNI, melebihi batas kecepatan, berboncengan lebih dari satu, menggunakan miras dan narkoba saat berkendara, menggunakan HP saat berkendara, serta tidak menggunakan sabuk pengaman,” papar Iptu Nanik Suryana.

Iptu Nanik menuturkan, dari 2 ribu lebih pelanggar, kendaraan R2 masih mendominasi. Sisanya merupakan kendaraan R4 dan R6. Dengan Operasi Patuh ini, pihaknya berharap pengendara semakin sadar dan patuh berlalu lintas.

“Kami berharap pengendara patuh dalam berlalu lintas, karena kecelakaan lalu lintas biasanya selalu diawali dengan pelanggaran,” paparnya.

Untuk diketahui, Operasi Patuh 2018 digelar selama 14 hari mulai 26 April hingga 9 Mei 2018. Dalam Operasi Patuh 2018, ada tujuh pelanggaran yang menjadi prioritas. Tujuh pelanggaran tersebut diantaranya pengemudi menggunakan handphone, pengemudi melawan arus, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu, pengemudi dibawah umur, pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI, pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba atau mabuk, serta pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana razia oleh Satlantas Polres Blitar Kota di Jalan Ahmad Yani Kota Blitar.(fat)

Related posts

Leave a Comment