Partisipasi Pemilih di Blitar Ditarget Capai 75 Persen

ADAKITANEWS, Blitar – Pagelaran pesta demokrasi Pemilihan Gubernur Jawa Timur tahun 2018 tinggal 2 hari lagi. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar menargetkan, partisipasi pemilih bisa mencapai 75 persen.

Ketua KPU Kabupaten Blitar, Imron Nafifah mengatakan, KPU Provinsi Jawa Timur menargetkan tingkat partisipasi pemilih dalam Pilihan Gubernur 2018 ini sebesar 75 persen dan pihaknya mengaku yakin target itu dapat dicapai Kabupaten Blitar.

“Sebelumnya KPU Provinsi Jawa Timur sudah menyampaikan kalau target tingkat partisipasi pemilih di Pilgub 2018 di Jatim harus mencapai 75 persen,” kata Imron Senin (25/06).

Imron menjelaskan, pihaknya telah melakukan sosialisasi ke berbagai lapisan masyarakat. Diantaranya sosialisasi kepada pemilih pemula, kalangan seni, tokoh masyarakat, tokoh agama dan lainnya.

“Kita sudah banyak melakukan berbagai kegiatan agar tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Blitar nanti bisa meningkat dibandingkan dengan sebelumnya,” paparnya.

Lebih Lanjut Imron menuturkan, partisipasi pemilih pada Pilihan Bupati dan Wakil Bupati Blitar 2015 lalu hanya sebesar 56 persen. Namun diprediksi, tingkat partisipasi pemilih akan lebih meningkat dalam Pilgub 2018 ini.

Selain itu dari segi kekuatan pendukung masing-masing paslon di Kabupaten Blitar yang cukup besar, pihaknya yakin dapat mencapai target partisipasi pemilih sebesar 75 persen pada 27 Juni nanti.

“Kalau yang kita lihat memang kekuatan pendukung dari kedua Paslon ini sangat kuat. Jadi kita yakin bisa mencapai target tersebut,” pungkasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data di KPU Kabupaten Blitar, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam pemungutan suara Pilgub 27 Juni 2018 nanti ada 936.896 pemilih.(fat)

Keterangan gambar: Imron Nafifah, Ketua KPU Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment