Pandemi Banyak Pengaruhi Seluruh Sektor di Tahun 2020

ADAKITANEWS, Kediri – Sepanjang tahun 2020, dampak pandemi covid-19 khususnya perekonomian telah dirasakan oleh seluruh lapisan sektor di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Munculnya kebijakan-kebijakan pemerintah pusat di tahun 2021, diharapkan bisa kembali memacu geliat perekonomian di Indonesia.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kediri, Lilik Wibawati mengatakan, berdasarkan catatan di tahun 2020, pertumbuhan ekonomi terdata minus atau terkontraksi.

“Pandemi mempengaruhi sekali dalam pertumbuhan ekonomi. Salah satu contohnya adalah keterbatasan konsumsi masyarakat, ke area wisata, ke transportasi juga. Misalnya perusahaan travel. Yang biasanya menyediakan jasa paket wisata di tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2020 malah tidak ada sama sekali,” katanya, Selasa (20/04).

Meski pandemi covid-19 telah terjadi lebih dari setahun, saat ini sudah mulai banyak sektor perekonomian yang mulai bangkit. Kebijakan yang muncul dari pemerintah pusat, juga dianggap merupakan motor penggerak laju perekonomian di tengah upaya seluruh pihak bangkit dari pandemi.

“Sekarang kan sudah mulai ada pembukaan beberapa item. Sektor makanan juga sudah mulai bergerak, wisata juga sudah mulai (tumbuh,red), meski sekolah juga belum masuk. Tetapi kita juga masih menunggu apakah nanti ada kebijakan-kebijakan lain dari pusat,” tambah Lilik.

Meski tidak bisa memprediksi pertumbuhan ekonomi tahun ini, Lilik tetap berharap agar fokus pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional dapat berjalan dengan baik.(kur)


Keterangan gambar: Ilustrasi

Related posts

Leave a Comment