Pabrik Gula Merah di Tulungagung Terbakar

ADAKITANEWS, Tulungagung – Peristiwa kebakaran terjadi di Desa Mirigambar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung, terpatnya di sebuah gudang tempat menyimpanan sepah tebu sisa penggilingan di tempat produksi gula merah milik Edi Susanto, 38, warga setempat, Senin (01/10) siang.

Terbakarnya gudang tersebut sempat membuat warga sekitar panik. Warga khawatir, api merembet ke pemukiman mereka.

Selain banyaknya sepah tebu kering yang tersimpan di gudang, cuaca panas dan angin kencang juga membuat api cepat membesar.

Dengan menggunakan mesin pompa air, warga berusaha melokalisir api agar tidak merembet ke tempat lain. Namun upaya keras warga tak membuahkan hasil. Bahkan kobaran api sempat merembet membakar bangunan dapur milik warga.

Api baru dapat dijinakkan 2 jam kemudian setelah 3 unit mobil pemadam dan 2 unit mobil tangki suplai dari Satpol PP Tulungagung didatangkan ke lokasi.

Menurut pengakuan Edi Susanto, api pertama kali diketahui dari tumpukan sepah tebu bagian bawah. “Asal api dari bawah tumpukan ampas tebu. Karyawan saya sudah berupaya memadamkan dengan menggunakan alat yang ada, namun tak mampu,” kata Edi Susanto.

Sementara Kabid Damkar Satpol PP Tulungagung, Rakidi menginformasikan, pemadaman api berlangsung selama kurang lebih sekitar 2 jam. “Pemadaman berlangsung sekitar 2 jam, dengan mengerahkan 3 unit mobil pemadam dan 2 mobil tangki,” kata Rakidi.

Lanjut Rakidi, dalam peristiwa tersebut, tidak ada korban jiwa. Sementara kerugian diestimasikan mencapai belasan juta rupiah.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut. Dugaan sementara, sumber api dari cerobong asap penggilingan, atau puntung rokok.(bac)

Keterangan gambar : Petugas Pemadam Kebakaran, saat melakukan pemadaman.(ist)

Related posts

Leave a Comment