Musrenbang 2020 Digelar, Dewan: Tak Perlu Banyak Kesepakatan, Yang Penting Fokus

ADAKITANEWS, Blitar – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020 di Kabupaten Blitar digelar di gedung salah satu tempat wisata di Kademangan, Rabu (20/03). Tema Musrenbang kali ini, yakni “Memantapkan Pelayanan Kepada Masyarakat, Daya Saing Daerah, dan Kesejahteraan Daerah”.

Menanggapi Musrenbang kali ini, Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto berpesan agar kesepakatan yang dibuat tidak terlalu banyak secara kuantitas, tetapi perlu fokus. Sehingga nantinya akan memudahkan, termasuk harus mengkomitmeni dari kesepakatan yang telah dibuat.

“Jadi nanti dari kesepakatan itu akan dirancang menjadi rencana kerja pemerintah daerah, kemudian masuk ke DPRD, baru kita tindaklanjuti untuk dianggarkan,” kata Suwito, Rabu (20/03) siang.

Selain itu, lanjut Suwito, selama anggaran yang ada mampu untuk semua program yang tersusun dan disampaikan dalam musrenbang, maka dipastikan pihaknya akan mengoptimalkannya. “Kalau untuk daya saing dan kesejahteraan masyarakat, tentunya kita sebagai lembaga legislatif juga perlu memaksimalkan pembuatan Perda,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM mengatakan, ada 4 prioritas pembangunan pada 2020 mendatang. Pertama terkait penanggulangan kemiskinan dan pengangguran yang nantinya kita akan fokus pada pembangunan jambanisasi, rumah layak huni, bantuan pendidikan bagi siswa keluarga miskin, pemberdayaan forum CSR untuk pengentasan kemiskinan, dan penumbuhan wirausaha.

Kedua terkait pemenuhan dan peningkatan kualitas infrastruktur dasar yang meliputi peningkatan pelayanan jangkauan air bersih dan layak minum, percepatan operasional RSUD Srengat, fasilitasi operasionalisasi JLS, dan perwujudan Kanigoro sebagai pusat pemerintahan dan perekonomian.

“Yang ketiga terkait peningkatan daya saing usaha ekonomi masyarakat melalui pengembangan usaha mikro, industri kecil serta koperasi yang berbasis pertanian dan pariwisata. Kemudian yang terakhir terkait fasilitasi Pilkada 2020, jadi ini strategis sekali, karena disamping memikirkan pembangunan, ada agenda sangat strategis yaitu Pilkada,” jelas Bupati.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suwito Saren Satoto, Ketua DPRD Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment