Minim Anggaran, Pelatihan Karang Taruna di Blitar Hanya Sampai di Tingkat Kecamatan

ADAKITANEWS, Blitar – Kreativitas generasi muda di Kabupaten Blitar melalui karang taruna perlu terus ditingkatkan. Sejatinya, setiap tahun Pemerintah Daerah juga telah mengalokasikan anggaran untuk pelatihan karang taruna.

“Tiap tahun ada anggaran pelatihan bagi karang taruna untuk meningkatkan kreativitas mereka. Namun kita akui anggarannya terbatas, sehingga pelatihan hanya dilakukan kepada karang taruna yang berada di tingkat kecamatan,” kata Puguh Wahyu Utomo Adi, Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Sosial Kabupaten Blitar, Sabtu (27/04).

Wahyu menjelaskan, tahun ini pelatihan hanya diberikan kepada 22 orang yang masuk pada forum karang taruna tingkat kecamatan. Untuk jenis pelatihan yang diberikan kepada puluhan karang taruna tersebut, ada beberapa pilihan yang meliputi pelatihan sablon, membatik, pelatihan las, service sepeda motor dan lain-lain.

“Nah, nanti dari beberapa pilihan, mereka akan memilih satu jenis pelatihan yang menjadi minat dari karang taruna,” ujarnya.

Wahyu menuturkan, tujuan adanya beberapa pilihan pelatihan agar karang taruna bisa memiliki keahlian tertentu dan mampu berdaya guna, serta berdaya saing di kalangan masyarakat luas. Selain itu, diharapkan juga bisa menyalurkan ilmunya kepada karang taruna yang lainnya.

“Jadi selain memberikan pelatihan setiap tahun, kita juga melakukan jambore karang taruna yang bertujuan untuk mempersatukan semua aspirasi karang taruna. Dari situ juga kretivitas akan meningkat,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Puguh Wahyu Utomo Adi, Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Sosial Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment