Menuju Smart City, Pemkab Blitar Segera Siapkan Master Plan

ADAKITANEWS, Blitar – Smart City merupakan konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat. Terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat hingga untuk mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya. Kali ini, Kabupaten Blitar menjadi salah satu daerah yang akan menerapkan program tersebut.

Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM mengatakan, Kabupaten Blitar menjadi salah satu daerah di Jawa Timur yang berhasil lolos untuk bisa menerapkan smart city. Menurutnya, program smart city ini merupakan program Kementerian Kominfo dengan tujuan untuk memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat dengan menggunakan aplikasi lebih modern.

“Ada beberapa tahapan yang akan kita lakukan agar bisa segera menerapkan smart city, diantaranya dengan membentuk dewan smart city, kemudian membentuk tim teknis pelaksanaan, berikutnya segera membuat master plan smart city yang nantinya akan dituangkan dalam Peraturan Bupati maupun Peraturan Daerah,” kata Bupati, Kamis (05/07).

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, program smart city ini telah dimulai sejak tahun 2017 sampai tahun 2019. Sehingga dipastikan jika seluruh proses dilewati maka program smart city di Kabupaten Blitar bisa diterapkan. “Kita terus berupaya semaksimal mungkin untuk menerapkan program dari Kominfo,” pungkasnya.

Bupati menambahkan, pihaknya meminta dukungan dari seluruh elemen masyarakat dan komitmen dari jajaran pejabat lingkup Pemkab Blitar, agar hal ini bisa diterapkan.(fat/wir)

Keterangan gambar: Drs H Rijanto MM, Bupati Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment