Menteri Perindustrian Komitmen Tak Naikkan Cukai Rokok Tahun Ini

ADAKITANEWS, Lamongan – Paguyuban Mitra Produksi Sigaret (MPS) Lamongan berharap peran dari pemerintah untuk melindungi industri rokok, yang tahun ini berkomitmen untuk tidak menaikan cukai rokok.

Hal ini dikatakan Ketua Paguyuban MPS Indonesia, Joko Wahyudi saat menerima kunjungan kerja Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto di KUD Tani Mulyo Mitra Produksi Sigaret Lamongan PT HM Sampoerna Tbk, di Jalan Raya Surabaya – Lamongan, Sabtu (16/03).

“Kami ada permasalahan yaitu diskriminasi industri rokok, kami mohon kepada pemerintah untuk tidak mendiskreditkan industri rokok. Tenaga kerja yang bekerja di perusahaan ini sebagian besar merupakan tulang punggung keluarga. Kami sangat berharap kepada pemerintah agar para pekerja dapat tetap bekerja,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartanto, menjelaskan pemerintah tahun ini berkomitmen untuk tidak menaikkan cukai rokok dan perusahaan industri rokok Sampoerna ini sudah berdiri selama 21 tahun. Para pekerja di KUD Tani Mulyo sudah mendapatkan upah minimum kabupaten sehingga dapat meningkatkan ekonomi keluarga.

“Ibu-ibu pekerja di industri rokok ini merupakan pahlawan industri yang dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga. Pemerintah akan terus berkomitmen agar para petani tembakau dan industri rokok agar tetap berkembang dan lebih maju lagi,” terangnya.

Hal senada diungkapkan Direktur PT HM Sampoerna Tbk, Elvira Lianita, bahwa Sampoerna bermitra dengan UMKM di Indonesia yang menyerap sekitar 67.000 tenaga kerja seluruh Indonesia. Industri rokok merupakan industri yang sangat sensitif. Kami berharap kepada pemerintah agar tetap berkomitmen untuk melindungi keberadaan industri rokok.

“Terimakasih kepada pemerintah karena pada tahun 2019 tidak menaikkan cukai rokok dan kami tetap berkomitmen untuk tetap bekerja sama dengan pemerintah,” tandasnya.(ng1)

Keterangan gambar; Menteri Perindustrian saat mengunjungi pabrik rokok PT Sampoerna Tbk.(ist)

Related posts

Leave a Comment