Mall Pelayanan Publik di Sidoarjo Dilaunching

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melakukan peluncuran awal (softlaunching) Mall Pelayanan Publik Sidoarjo di Gedung Serba Guna Jalan Lingkar Timur Sidoarjo, Kamis (10/01).

Dalam acara sotflaunching yang dibuka langsung oleh Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah tersebut, sudah ada beberapa layanan yang dibuka untuk masyarakat. Diantaranya SKCK Online Polresta Sidoarjo, Pelayanan Konsultasi Hukum Kejari Sidoarjo, Kantor Imigrasi Kelas I Surabaya, Kantor Pos, BPR Delta Artha, PDAM Delta Tirta, Badan Pertahanan Nasional (BPN), Dispenduk Capil, Kantor Pos, serta sejumlah layanan lainnya.

Softlaunching sebagai uji coba ini, dihadiri oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik, Kemenpan RB, Dr Diah Natalisa MPd dan jajaran Forkopimda. Sedangkan untuk rencana peluncuran resmi (Grand Opening), diagendakan akan digelar pada Selasa (29/01) mendatang.

“Sejak tanda tangan Mall Pelayanan Publik ini dilakukan, sebagai wujud langkah konkret Pemkab Sidoarjo dalam memaksimalkan pelayanan,” kata Bupati Sidoarjo yang akrab disapa Abah Saiful kepada awak media, Kamis (10/01).

Dikatakan Abah Saiful, bahwa softlauncing ini juga sebagai uji coba kesiapan operasional. “Baru pelayanan publik saja. Belum ada mallnya. Tapi nanti bakal ada,” katanya.

Sementara itu meski baru berupa softlaunching, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB, Dr Diah Natalisa MPd mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kinerja Pemkab Sidoarjo terutama Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) yang telah mengumpulkan seluruh pelayanan di Sidoarjo.

Apalagi, katanya, sejumlah pelayanan bukan hanya untuk melayani warga Sidoarjo. Tetapi juga bisa melayani warga di sekitar Sidoarjo misalnya untuk pengurusan parpor di kantor Imigrasi Kelas I Surabaya.

“Membuka Mall Pelayanan Publik bukan hal yang mudah. Apalagi layanan di satu tempat harus dikondisikan bersama lainnya. Apalagi, gedungnya megah dengan fasilitas lengkap. Tapi harus ada maintenance. Jangan sampai tak dirawat dengan baik,” tegasnya.

Bagi Diah, untuk mewujudkan Mall Pelayanan Publik semua harus terintegrasi. Yakni mulai Sumberdaya Manusia (SDM), pelayanan, dan lainnya. Karena Mall Pelayanan Publik itu menjadi indikator penting dalam nawacita Presiden dan Wapres yang diapresiasi masyarakat.

“Pokoknya dalam Mall Pelayanan Publik harus ada kemudahan dan kecepatan pelayanan untuk mensejahterakan masyarakat. Apalagi gedungnya melebihi gedung-gedung Mall Pelayanan Publik lainnya yang sudah diresmikan,” tandasnya.

Sekedar diketahui dalam rencananya, di dalam Mall Pelayanan Publik tersebut nantinya akan tersedia banyak layanan. Terdiri dari beberapa instansi seperti Pemkab Sidoarjo, Polresta Sidoarjo, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur, Kantor Pertanahan Sidoarjo, Kantor Kementerian Agama Sidoarjo, BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sidoarjo, PDAM Delta Tirta, Bank Jatim Cabang Sidoarjo, BPR Delta Artha, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sidoarjo, Telkom Sidoarjo, Pos Indonesia, BNI Kantor Cabang Sidoarjo, BTN Kantor Cabang Sidoarjo, BRI Kantor Cabang Sidoarjo, dan Bank Mandiri Cabang Sidoarjo.(sid3)

Keterangan gambar : Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah bersama Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB, Dr Diah Natalisa MPd saat softlauncing Mall Pelayanan Publik Sidoarjo.(foto : andri santoso)

Related posts

Leave a Comment