Mahasiswa Jingsu Shipping Cina Asal Lamongan Akhirnya Bisa Pulang

ADAKITANEWS, Lamongan – Salah satu mahasiswa Jingsu Shipping College Kota Nantong Cina asal Lamongan akhirnya bisa pulang ke kampung halamannya. Nurul Hikmawati,19, asal Desa Takerharjo Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan bisa pulang dan berkumpul bersama keluarganya, Jumat (31/01).

Setibanya di kampung halaman, Nurul masih harus menjalani pemeriksaan selama dua minggu berturut-turut oleh dokter Puskesmas Solokuro. Menurut petugas Puskesmas Solokuro kondisi Nurul saat ini masih baik, namun sedikit mengalami flu lantaran baru saja menempuh perjalanan terlalu jauh.

“Saat ini kondisi Nurul sendiri sangat baik, berat badanpun naik, hanya saja ia sedikit mengalami flu dan kecapekan lantaran baru saja menempuh perjalanan terlalu jauh,” kata Andre Sanda, petugas puskesmas Solokuro yang memeriksa kondisi Nurul.

Mahasiswa D3 semester 1 jurusan multimedia di Jiangsu Shipping College, Nantong, Cina tersebut pulang bersama enam teman kampusnya lantaran takut terjangkit virus yang menyerang organ pernapasan itu. “Saya dan enam teman saya memutuskan untuk pulang ke Indonesia. Teman dari Surabaya dan Kalimantan pulang bareng dengan saya,” kata Nurul.

Di Negeri Tirai Bambu, mahasiswa penerima program beasiswa dari SMK NU Simo Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan selama 6 bulan terakhir ini mengaku ia bersama teman lainnya sempat tidak diperbolehkan keluar asrama akibat merebaknya wabah virus Corona. “Dibatasi tidak boleh keluar asrama akibat merebaknya virus Corona,” kata Nurul.

Meski demikian, kata Nurul pihak kampus di sana tetap mencukupi kebutuhan yang diperlukan mahasiswanya, termasuk kebutuhan konsumsi. “Kalau butuh apa-apa pihak kampus bisa membelikan sesuatu,” ujar Nurul.

Lebih jauh, Nurul yang pulang dengan biaya sendiri mengaku saat menuju tanah air, bersama enam temannya tak luput dari pemeriksaan ketat petugas. Mulai memasuki salah satu bandara di Cina dan transit di bandara Bangkok Thailand, Sukarno Hatta, hingga tujuan akhir di Bandara Juanda Sidoarjo.

“Tanggal 28 malam berangkat dari sana. Dan terus dicek semua mulai kesehatan alat pendeteksi suhu tubuh semua, seperti di bandara Cina dicek dua kali dan di Bangkok Thailand,” jelasnya.

Dia berencana akan kembali ke Cina jika virus Corona sudah dapat diantisipasi. “Virusnya bisa ditangani kami akan berangkat ke sana. Libur sampai penanganan virus Corona ini selesai,” pungkasnya.(prap)

Keterangan gambar: Nurul Hikmawati saat diperiksa petugas Puskesmas Solokuro.(foto suprapto)

Related posts

Leave a Comment