Lomba Olahan Pangan Lokal, Lamongan Raih Prestasi Nasional

ADAKITANEWS, Lamongan – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lamongan menggelar sosialisasi keamanan mutu pangan segar. Acara yang digelar di ruang pertemuan Dinas Ketahanan Pangan itu dihadiri para pedagang beras, sayur, buah, ikan dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang mendapatkan kegiatan Toko Tani Indonesia (TTI).

“Kegiatan sosialisasi keamanan mutu pangan segar bertujuan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat dan pelaku usaha khususnya tentang pentingnya keamanan dan mutu pangan segar bagi kehidupan khusus kesehatan karena kandungan bahan kimia seperti pestisida, formalin, dan boraks yang terkandung pada makanan sangat berbahaya bagi kesehatan jangka waktu yang panjang,” jelas Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lamongan, Puji Nawatiningsih, S. AP didampingi Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Edi kartiadi, S. AP, dan Kepala Seksi Keamanan Pangan, Ririn Wahyuni, SP, M. Si. Senin (25/11).

Dalam sosialisasi tersebut juga dipaparkan rencana Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lamongan bersama tim gabungan dan OPD untuk melakukan kegiatan keamanan pangan tahun depan. Nantinya mereka bakal terjun ke pasar dan pelaku usaha Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) untuk melakukan pengecekan kandungan bahan kimia yang terdapat pada bahan makanan segar.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Puji Nawatiningsih juga menyampaikan bahwa dalam rangka kegiatan memperingati Hari Pangan Sedunia ke-39 tahun 2019, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lamongan telah mengikuti lomba olahan pangan lokal. Mereka bahkan dipercaya mewakili Provinsi Jawa Timur dalam lomba tingkat nasional. Hasilnya, berhasil diraih 2 prestasi Tingkat Nasional dan 2 prestasi Tingkat Provinsi Jawa Timur.

Yakni juara 2 kategori londbox cluster serealia berbasis Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), dan juara harapan 1 kategori Olahan Pangan Lokal Komersial di Kendari Sulawesi Tenggara 2 – 5 November 2019. Lomba olahan pangan lokal Tingkat Nasional itu diikuti oleh PKK Kabupaten Lamongan bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lamongan yang mewakili Jawa Timur.

Prestasi lainnya, juara 2 vlog terfavorit lomba festival jajanan Kantin Sekolah Sehat berbasis pangan lokal Tingkat Provinsi di Surabaya 19 -20 November 2019. Lomba ini diikuti oleh SMP Negeri 3 Lamongan bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lamongan. Kemudian juara harapan 2 lomba Cipta Kreasi Resep Berbasis Pangan Lokal Tingkat SMA yang diikuti oleh SMK Negeri 1 Lamongan juga bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lamongan.

“Prestasi ini menambahkan sederet prestasi yang telah diraih oleh Pemerintahan Kabupaten Lamongan. Jadi dalam rangkaian kegiatan ini Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lamongan memperoleh yang membanggakan dengan bahan olahannya Cipta Pangan Lokal yang merupakan produk inovasi baru dengan menggunakan bahan sorgum, latoh dengan produk Cake Soto, Layer Cake, Cake Otak – otak Bandeng, Brownis Sorgum, Jus Nagale ( daun kale buah naga dan sari kedelai) dan Sushi Sorgum bandeng daun kale,” tutur Puji.

Dalam peringati hari pangan sedunia ke 39 di Surabaya Jawa Timur juga ada gelar kreasi dan inovasi teknologi pangan olahan dan pameran pembangunan pertanian.(prap)

Keterangan gambar: Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lamongan saat menggelar sosialisasi mutu pangan segar dan raih prestasi.(ist)

Related posts

Leave a Comment