Lantik Kades Terpilih, Bupati: Harus Bisa Petakan Potensi Desa

ADAKITANEWS, Nganjuk – Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat melantik 165 Kepala Desa periode 2019-2025 hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 12 Februari 2019 lalu. Pelantikan digelar di Pendopo Kabupaten Nganjuk, Senin (19/02).

Bupati Nganjuk menjelaskan, pada kesempatan kali ini sebanyak 162 orang Kades telah dilantik dan disahkan. Sedangkan sisanya, akan dilantik dan disahkan pada bulan Maret mendatang.

Para Kepala Desa tersebut nantinya akan bertugas melayani masyarakat selama enam tahun ke depan. Amanah masyarakat, kata Bupati, juga wajib diwujudkan dengan kerja nyata. Juga keterbukaan informasi menjadi pedoman mutlak, untuk mewujudkan pemerintah yang transparan dan dipercaya masyarakat.

“Jangan nanti kalau berpikiran menjadi Kepala Desa akan kaya mendadak. Anggaran Dana Desa dari pemerintah pusat 2019 mencapai lebih kurang ratusan miliar. Sementara untuk Dana Desa tahun mendatang, bisa lebih besar dan harus dimanfaatkan betul-betul,” jelasnya.

Bupati menuturkan, Kepala Desa yang sudah dipilih bukan untuk meningkatkan status sosial, tapi untuk menjadi eksekutor atau pelaksana amanah masyarakat. Jadi tidak ada alasan untuk meningkatkan kemajuan desa, karena dana desa sudah ditambah tiap tahunnya.

“Jika ada warga yang terlantar dan tidak bisa makan, akan kami sikap serius, tidak ada keterpihakan pada siapapun kalau memang terbukti seperti itu. Selain itu pemerintah desa harus melakukan revitalisasi organisasi agar lebih solid, karena kunci dari keberhasilan kemajuan adalah kebersamaan,” ujarnya.

Bupati Novi berpesan, para Kepala Desa yang dilantik harus bisa memetakan potensi desa, serta melakukan keterbukaan bersama masyarakat dengan menjujung tinggi etika.

“Saya juga berpesan untuk Kepala Desa lama, kami berharap dapat mendukung progran kerja kepala desa yang baru, dan selalu melakukan koordinasi untuk kemajuan desa,” pungkasnya.(ng1)

Keterangan gambar: Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidayat saat melantik para Kades terpilih di pendopo Kabupaten Nganjuk.(foto: suprapto)

Related posts

Leave a Comment