Lamongan Kirim Putra-Putri Terbaik di Ajang Pemilihan Duta Raka Raki Jatim 2019

ADAKITANEWS, Lamongan – Kabupaten Lamongan mengirimkan dua Duta Putra Putri terbaiknya di ajang pemilihan Raka Raki Jawa Timur 2019.

Keduanya adalah Mohammad Bagus Saputra dan Retno Windiasari. Kesiapan keduanya di ajang Raka Raki Jawa Timur 2019, sudah mereka tunjukkan saat menggelar audiensi dengan Bupati Lamongan, Fadeli di ruang kerja bupati, Senin (11/03).

Bagus Saputra diketahui memiliki latar belakang yang cukup untuk berkompetisi di ajang Raka Raki Jawa Timur. Pemuda kelahiran 1996 ini pernah menjadi delegasi Indonesia sebagai performer art pada The 4th HILDIKTIPARI International Conference on Tourism and Hospitality (HICTH) 2017 di Wuxi, China.

Di tahun yang sama, Bagus, sapaan akrab Bagus Saputra, juga pernah tercatat sebagai peserta Program Foreign Case Study di Malaysia. Sementara pada tahun 2016 dia juga menjadi peserta Program Pertukaran Mahasiswa Nusantara di Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (STPBI).

Bagus juga memiliki inovasi program wisata berupa Wisata Toleransi di Desa Pancasila, Balun, Kecamatan Turi. Desa ini memang masyhur dengan toleransi beragamanya yang tinggi. Tempat ibadah dari tiga pemeluk agama yang berbeda, juga dibangun berdampingan mengelilingi lapangan desa.

Sementara itu, Retno Windiasari yang setahun lebih muda dari Bagus saat ini menjalani profesi sebagai banker. Ia adalah lulusan program D3 Pengelolaan Hutan Sekolah Vokasi di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Windi, sapa akrabnya, memiliki inovasi program wisata Lamongan dengan Gastronomi. Yakni mengenalkan wisata di Lamongan dengan kulinernya yang khas, di Desa Sendangduwur Kecamatan Paciran. Desa Wisata Sendangduwur selama ini dikenal sebagai sentra batik tradisional di Lamongan. Namun desa di puncak bukit ini juga memiliki kuliner khas, Sego (jawa,nasi-red) Mudhuk.

Sementara itu Bupati Lamongan, Fadeli berharap kedua putra daerah ini nantinya mampu tampil percaya diri di ajang Raka Raki Jawa Timur 2019. “Selain membekali diri dengan wawasan pengetahuan yang luas, kepercayaan diri juga adalah bekal kunci. Lamongan saat ini sudah mampu berdiri sejajar dengan daerah lain yang lebih dulu maju. Itu adalah modal kepercayaan diri yang lebih dari cukup,“ pesan Fadeli.

Di tempat yang sama, Ismunawan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lamongan menjelaskan, pemilihan Duta Raka Raki Jawa Timur 2019 kali ini murni dilakukan dari tes saat seleksi saja, tanpa ada juara atribut. “Peserta akan mulai registrasi pada 15 Maret, sekaligus mengikuti sesi penilaian presentasi profil finalis dan inovasi program promosi wisata. Di hari yang sama keduanya akan mengikuti desk assesment Bahasa Inggris,” paparnya.

Di hari berikutnya, lanjut Ismunawan, finalis akan mengikuti sesi pembekalan koreo dan blocking stage, sekaligus gladi bersih untuk grand final. “Malam Grand Final Raki Jawa Timur 2019 akan dihelat pada 16 Maret dan direncanakan akan dibuka Gubernur Jawa Timur,” tandasnya.(ng1)

Keterangan gambar: Bagus Saputra dan Retno Windiasari saat beraudensi dengan Bupati Lamongan, Fadeli di ruangan kerja Bupati.(ist)

Related posts

Leave a Comment