Kunjungi Simpang Tiga Mengkreng, Kapolda Jatim Tinjau Langsung Persiapan Arus Mudik 2017

ADAKITANEWS, Jombang – Hari Raya Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi membuat semua pihak mulai melakukan persiapan, salah satunya terkait gelombang arus mudik di tahun 2017 ini. Seperti agenda kunjungan Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Machfud Arifin ke Kabupaten Jombang yang disambut secara langsung oleh Kapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto beserta jajarannya di alun-alun Kabupaten pada Kamis (08/06) siang.

Agenda kunjungan Kapolda tersebut guna memantau langsung persiapan arus mudik di Simpang Mengkreng, yang merupakan perbatasan dari 3 Kabupaten, yakni Kabupaten Jombang, Kabupaten Nganjuk, dan Kabupaten Kediri.

Dari pengalaman arus mudik beberapa tahun sebelumnya, kepadatan arus mudik sering terjadi di wilayah Simpang Mengkreng hingga menimbulkan kemacetan panjang mencapai puluhan kilometer dan membutuhkan waktu berjam-jam untuk mengurainya.

Sesampainya Kapolda di lokasi, Jenderal bintang dua ini langsung menuju pos polisi yang ada di lokasi tersebut guna melihat pola penanganan arus mudik mendatang dari pihak kepolisian di 3 Kabupaten itu. Bahkan, Kapolda juga sempat menggelar rapat koordinasi secara tertutup.

Tidak berselang lama, Kapolda Jawa Timur menyampaikan hasil dari rapat koordinasi tersebut. Ia menyampaikan bahwa pada tanggal 16 Juni 2017 besok jembatan Belly bisa diselesaikan, agar bisa mengurangi kemacetan secara signifikan.

Kapolda menyampaikan, ketika jembatan Belly bisa berfungsi secara maksimal maka pihak kepolisian tidak akan menggunakan sistem contra flow (rekayasa arus). Berfungsinya jembatan Belly juga diyakini akan bisa mengurangi kemacetan antara 20 hingga 30 persen.

“Saya berharap tanggal 16 nanti jembatan Belly segara bisa digunakan, agar kemacetan yang sebelumnya mencapai waktu 8 jam bisa terurai dan mengurangi kemacetan secara signifikan,” ungkap Kapolda Jatim saat diwawancarai.

Selain itu Irjen Pol Machfud Arifin juga menambahkan bahwa ia berharap di arus mudik nanti para pengguna jalan bisa meningkatkan kedisiplinan dalam berkendara. Jangan sampai nantinya memberhentikan kendaraannya di pinggir jalan karena bisa menambah kemacetan dan membahayakan dirinya dan pengendara lain.

“Saya juga berharap kepada pengendara agar meningkatkan kedisiplinan dalam berkendara agar tidak berhenti tiba-tiba di pinggir jalan nantinya,” pungkasnya.(ar)

Keterangan gambar: Kedatangan Kapolda Jawa Timur di alun-alun Kabupaten Jombang. (bawah) Rapat koordinasi di pos polisi Simpang Mangkreng, serta Kapolda Jatim saat diwawancarai awak media.(foto:adi rosul)

Related posts

Leave a Comment