KPU Tulungagung Targetkan Pelipatan Surat Suara Untuk Pilbup Selesai Dalam Empat Hari

ADAKITANEWS, Tulungagung – Surat suara untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung sudah mulai dilipat sejak Rabu (23/05) malam di Gudang Logistik KPU Tulungagung. Rencananya, pelipatan tersebut akan ditargetkan selesai dalam 4 hari kedepan.

Komisioner KPU Tulungagung, Victor Febrihandoko mengatakan, mulai Rabu (23/05) malam para tenaga yang bertugas melipat surat suara Pilbup telah mengerjakan tugas. “Kegiatan sortir dan pelipatan sudah kami mulai sejak tadi malam sekitar pukul 20.00 WIB,” kata Victo Febrihandoko, Kamis (24/05).

Pihak KPU Tulungagung pun menargetkan selama empat hari, proses ini akan selesai. Selain melipat, juga dilakukan pemilahan atau penyortiran terhadap surat suara yang tidak terpakai atau rusak. Baik itu sobek, berlubang ataupun kualitas pencetakan yang kurang sempurna, misalkan buram, terdapat bercak tinta dan sebagainya.

“Mereka tidak hanya bertugas melipat, tetapi juga menyortir surat suara yang rusak. Nanti semua akan dipilah dan dipisahkan, kemudian dimasukkan dalam berita acara,” ujar Victor.

Tambah Victor, untuk kegiatan melipat dan sortir sebanyak 868.845 surat suara ini, KPU Tulungagung mengerahkan sebanyak 20 tenaga profesional, yang sudah terbiasa melakukan hal serupa di beberapa daerah yang menyelenggarakan Pemilu.

“Surat suara ini sudah pas sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 844.818, ditambah cadangannya sebesar 2,5 persen dari jumlah DPT di masing –masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) sehingga jumlahnya ketemu 866.845. Selain itu juga telah disiapkan surat suara yang disediakan untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) sebanyak 2.000 lembar. Sehingga kalau ditotal jumlahnya 868.845 lembar,” pungkas Vicror.(bac)

Keterangan gambar : Petugas sedang melakukan kegiatan sortir dan pelipatan surat suara untuk Pilkada Tulungagung.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment