Kotak Suara Selesai Didistribusikan Hingga Tingkat PPS

ADAKITANEWS, Tulungagung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung hingga hari ini, Selasa (26/06), memastikan telah menyalurkan seluru kotak surat suara hingga ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau tingkat desa/kelurahan.

Ketua KPU Tulungagung, Suprihno mengatakan, sebanyak 3.680 logistik kotak suara yang digunakan dalam Pilkada Serentak 2018, yakni Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung serta Pemilihan Gubernur dan Wakil gubernur Jawa Timur, telah didistribusikan ke 271 desa/kelurahan yang berada di 19 kecamatan wilayah Kabupaten Tulungagung.

“Logistik kotak suara, sudah seluruhnya kita distribusikan hingga tingkat PPS dengan pengawalan dari petugas keamanan baik Polri dan TNI serta Linmas,” kata Suprihno, Selas (26/06).

Lanjut Suprihno, dalam distribusi tersebut tidak hanya berupa kotak suara saja, namun juga kertas surat suara dan perlengkapan pemungutan suara, termasuk juga bilik suara. Setelah sejumlah logistik tiba di setiap PPS, selanjutnya diteruskan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Setiap Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mengambil ke kantor PPS beserta anggota Linmas ke TPS. Paling lambat besok, Rabu (27/06) sekitar pukul 05.00 WIB seluruh perlengkapan tersebut sudah berada di TPS,” ujar Suprihno.

Dia pun berharap, proses pendistribusian kotak surat sura ke TPS bisa berjalan lancar dan aman sehingga pada hari pencoblosan nanti tidak ada lagi kendala dalam hal logistik yang belum sampai.

Sementara itu, Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar menyatakan usai apel gelar pasukan pengamanan Pilkada, seluruh personel pengamanan TPS langsung dikirim ke pos masing-masing.

“Mereka langsung berkoordinasi di kantor desa, di mana TPS yang dijaga berada. Sebagian bahkan mengawal pengiriman logistik, utamanya di wilayah yang jauh di pegunungan,” tandas Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar.(bac)

Keterangan gambar : Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) Tulungagung melakukan distribusi kotak suara ke PPS.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment