Korban Bencana di Lombok NTB Masih Butuh Banyak Bantuan

ADAKITANEWS, Blitar – Kondisi korban bencana gempa di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) sangat memprihatinkan. Meski sudah banyak bantuan yang mengalir, namun para korban masih membutuhkan banyak bantuan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, Heru Irawan mengatakan, pihaknya bersama anggotanya telah memantau kondisi langsung di Lombok NTB untuk mendata bantuan yang tengah dibutuhkan oleh korban gempa. Setelah melakukan peninjauan di lapangan, memang ada beberapa bantuan berupa kebutuhan sehari-hari yang tengah dibutuhkan masyarakat.

“Kita sudah pantau langsung untuk melihat kondisinya. Ternyata mereka masih sangat membutuhkan bantuan berupa sandang, pangan, perumahan, pendidikan dan lain-lain. Kita sudah laporkan kondisi di Lombok NTB kepada Bupati Blitar. Jadi tinggal menunggu instruksi dari Bupati Blitar soal pengiriman bantuan ke korban gempa Lombok NTB,” kata Heru, Jumat (24/08).

Heru menambahkan, rencananya Bupati Blitar bersama dengan Forkopimda akan datang ke Lombok sekitar pekan depan dan secara langsung akan memberikan bantuan kepada korban gempa.

Sementara itu, Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM mengatakan, sebelumnya Pemkab Blitar telah merencanakan untuk datang langsung ke Lombok NTB pekan depan untuk menyalurkan bantuan secara langsung. Namun rencana tersebut belum bisa dilakukan karena terbentur dengan kegiatan di Pemkab BlitaR.

“Tentunya dalam kurun waktu dua minggu kedepan kita masih akan membuka posko bantuan bagi korban Lombok, dimana posko yang dibuka berada di kantor Dinas Sosial dan kantor PMI Kabupaten Blitar,” pungkasnya.

Sementara ini, kata Bupati, bantuan uang tunai yang sudah terkumpul mencapai Rp 200 juta lebih. Sedangkan untuk sembako, pakaian dan lain-lain juga sudah terkumpul cukup banyak.(fat/wir)

Keterangan gambar: Ilustrasi gempa.(google.com)

Related posts

Leave a Comment