Komsos Kodim 0812/Lamongan: Kebersamaan Bangun Komunikasi Dialogis

ADAKITANEWS, Lamongan – Kodim 0812/Lamongan menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama komponen masyarakat dan wartawan di Aula Kadet Soewoko Makodim Lamongan, Senin (29/04).

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lamongan, Bachtiar Febriyanto menyampaikan bahwa hubungan wartawan Lamongan dengan Kodim 0812/Lamongan terjalin erat sampai dengan saat ini. “Jalinan hubungan wartawan Lamongan dengan Kodim 0812 sangat erat. Dan kami berharap jalinan tersebut tetap selalu terjaga dengan baik,” kata Febri.

Dalam kesempatan itu Febri yang juga mewakili wartawan Lamongan mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0812 karena telah memberi kepercayaan untuk mempublikasikan kegiatan TMMD ke-104 di Desa Kelorarum Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan.

Sementara itu Komandan Kodim 0812/Lamongan, Letkol Arh Sukma Yudha Wibawa,S.Sos yang diwakili oleh Kasdim, Mayor Arh GN Putu Ardana, S.S, menyampaikan bahwa pertemuan seperti ini merupakan sarana yang efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan, guna membangun komunikasi dialogis.

“Juga untuk memperoleh kesamaan pandangan dalam memahami setiap permasalahan yang terjadi. Selain itu pertemuan ini bertujuan sebagai forum silaturahmi, sehingga bisa memperkuat hubungan emosional antara para TNI dan seluruh elemen masyarakat,” tuturnya.

Menurutnya, TNI berperan sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam pelaksanaan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara.

“Peran tersebut dilaksanakan melalui tugas pokok TNI yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara,” jelasnya.

Mayor Arh GN Putu Ardana menyampaikan, kegiatan dengan teman-teman wartawan biasanya dilakukan dalam acara cangkrukan di warung atau cafe yang ada di Lamongan. Namun kali ini, sesekali para jurnalis tersebut sengaja diundang ke Makodim.

“Kami juga sampaikan terima kasih kepada teman-teman wartawan Lamongan yang ikut mempublikasikan kegiatan TMMD ke-104 Kodim 0812 di Desa Kelorarum Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan beberapa waktu yang lalu,” ujarnya.

Ia menambahkan meski kita tidak menjadi juara dalam lomba jurnalis beberapa waktu yang lalu terkait TMMD, yang terpenting adalah tetap selalu menjaga jalinan komunikasi secara emosional agar tidak ada jarak.

“Dan tak lupa saya sampaikan kepada Danramil dan Babinsa untuk bisa bekerja sama dan jalin komunikasi yang baik dengan komponen masyarakat termasuk teman-teman wartawan ini. Sampaikan apa adanya jika ada sebuah permasalahan jangan hanya yang baik-baik saja,” katanya menambahkan.

Di akhir sambutan, Kasdim menegaskan bahwa kedepan pihaknya akan membuat cangkrukan di area Makodim agar nantinya bisa semakin mempererat komunikasi dengan masyarakat. ”Semoga di bulan Ramadan bisa terealisasi,” pungkasnya.(ng1)

Keterangan gambar: Kasdim, Mayor Arh GN. Putu Ardana, S.S, dan Ketua PWI Lamongan, Bachtiar Febriyanto.(foto:suprapto)

Related posts

Leave a Comment