Kepala BNPT: YLP Diharapkan Jadi Role Model Masa Depan Eks Napiter

ADAKITANEWS, Lamongan – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris berharap perkembang Yayasan Lingkar Perdamaian (YLP) bisa menjadi role model dunia, sebagaimana bisa mengemas dan menjadikan masa depan eks napiter menjadi lebih baik.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Suhardi Alius, saat bersilaturahmi dan menyambangi para eks napi terorisme yang tergabung di Yayasan Lingkar Perdamaian (YLP) di kantor sekretariat YLP Jalan Masjid Baitul Muttaqin Desa Tenggulun Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan Lamongan, Jumat (03/05).

Dalam sambutannya Komjen Pol Suhardi Alius mengatakan, kegaitan diselenggarakan dalam rangka silaturahmi menjelang bulan ramadan sekaligus menjenguk keluarga BNPT. “Terima kasih atas usahanya untuk melakukan upaya deradikalisasi napiter di lapas, yang tentunya masih mempunyai militansi yang tinggi,” ujar Suhardi Alius

Menurut Suhardi Alius, perkembangan YLP di Tenggulun dibawah koordinasi mantan Kombatan Ali Fauzi, ini akan menjadi panutan atau role model dunia, sebagaimana bisa mengemas dan menjadikan masa depan eks napiter menjadi lebih baik, dengan kegiatan positif dan mendorong eks napiter untuk usaha menata perekonomian. “Semakin banyaknya orang yang datang ke YLP sebenarnya bisa menjadi peluang ekonomi bagi warga Tenggulun,” ungkapnya.

Pihaknya akan tetap memberikan perhatian kepada YLP dalam kelangsungannya, bahkan ia juga akan membantu untuk proses hibah tanah di YLP yang sampai saat ini masih atas nama pribadi.

“Kami akan bantu proses hibah tanah yang sampai saat ini masih atas nama pribadi Ali Fauzi. Dan tahun ini BNPT akan mendapatkan bantuan 3 Rusunawa dari kementerian PUPR,” ungkapnya.

Direktur YLP, Ali Fauzi dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari rombongan BNPT untuk terus meningkatkan silaturahmi dengan YLP dan ini jauh lebih berharga. “Kami lapokan perkembangan yayasan lingkar perdamaian beberapa bulan lalu kita punya pekerjaan untuk menyelesaikan pagar tembok dan besi keliling,” terangnya.

Tanah yang ada di YLP semuanya sementara masih atas nama pribadi dirinya, namun itu ia hibahkan semuanya karena takutnya nanti ahli waris dirinya ditakutkan menuntut.”Tanah ini masih atas nama saya pribadi dan ini sudah saya hibahkan,” kata dia

Sementara untuk program deradikalisasi disini cukup menjajikan. Di Lapas ada napiter yang bernama Galih Aji Satria (ISIS) ketika pertama kali dirinya datang kesana, dirinya dikafir-kafirkan karena dianggap murtad

“Dan alhamdulillah atas upaya komprehensif yang bersangkutan saat ini sudah mempunyai jiwa nasionalisme dan kembali pada NKRI, ” terangnya.

Ali Fauzin sangat senang banyaknya media dari luar negeri yang datang kesini untuk melakukan penelitian yang memerlukan waktu berhari hari, sehingga mereka harus bolak balik ke Lamongan, rencana kami akan membangun home stay di sekitar YLP.

“Pembangunan masjid dan TPQ alhamdulillah progresnya berjalan dengan baik, rencana akan kami buatkan ranjang untuk para santri. Salah satu program BNPT juga membina anak ikhwan yang masih ada di penjara,” pungkasnya.

Keterangan gambar: Kepala BNPT
Komjen Pol Suhardi Alius disamping Kapolres Lamongan AKBP Feby DP Hutagalung dan Direktur YLP Ali Fauzi saat jumpa pers.(foto: suprapto)

Related posts

Leave a Comment