Karyawan PT Surya Dave Plastec Dipanggil Disnaker, Terkait Permasalahan Upah dan Tunjangan

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Sekitar 20 orang karyawan PT Surya Dave Plastec Sidoarjo, memenuhi panggilan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sidoarjo, Rabu (05/09). Mereka datang untuk dimintai klarifikasi terkait persoalan upah dan tunjangan yang kabarnya belum dibayarkan oleh perusahaan.

Dimaz Yemahura selaku kuasa hukum para karyawan berharap, setelah proses klarifikasi ini nantinya akan ada perhatian dan tindak lanjut dari Disnakertrans Kabupaten Sidoarjo terkait persoalan upah mereka.

“Sepertinya banyak kejanggalan-kejanggalan terhadap perusahaan tersebut. Bahkan ada indikasi bahwa perusahaan ditunggangi oleh pihak tertentu. Melihat dari lamanya perkara ini yang belum juga terselesaikan, namun aktivitas perusahaan sendiri masih berjalan,” kata Dimaz.

Lebih jauh Dimaz mengatakan, sebelumnya sempat ada perjanjian awal antara pihak perusahaan dan karyawan. Salah satunya perjanjian bersama terkait perselisihan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

“Dalam perjanjian tertulis yang telah disepakati antara pihak karyawan dan perusahaan, seperti pembayaran gaji periode Maret 2018, pembayaran uang kompensasi PHK sebesar Rp 15 juta, pembayaran kekurangan uang premi JHT, kompensasi keterlambatan upah dan hak-hak lainnya yang sudah disepakati bersama jangka waktunya. Perjanjian bersama itu sudah disepakati oleh pihak karyawan dan perusahaan pada bulan April 2018 yang lalu,” paparnya.

Sementara menanggapi persoalan itu, Kasi Penyelesaian Persellisihan Hubungan Industrial Disnakertrans Kabupaten Sidoarjo, Ucok Sunyoto mengatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan klarifikasi kesesuaian persoalan yang diadukan.

“Klarifikasi ini belum pada pokok persoalan, tapi hanya untuk tahap klarifikasi. Persoalan yang diadukan ini sesuai atau tidak” ungkap Ucok.(sid3)

Keterangan gambar : Karyawan PT Surya Dave Plastec saat memenuhi undangan klarifikasi oleh Disnakertrans Kabupaten Sidoarjo.(foto : andri santoso)

Related posts

Leave a Comment