Kantor Kecamatan Buduran Gelar Nobar Film G 30 S/PKI

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Nonton bareng film Pengkhianatan G 30S/PKI, digelar di kantor Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo, Jumat (22/09) pagi. Selain perwakilan dari organisasi kemasyarakatan, nonton bareng ini juga dihadiri para anggota keluarga TNI dan Polri.

Tingginya antusiasme penonton membuat ruangan pemutaran film penuh sesak, hingga sebagian harus duduk di lantai. Turut hadir menyaksikan film ini, Camat Buduran, Sentot Kunmardianto, Danramil Buduran, Kapten Inf Karyo Edi, serta Kapolsek Buduran, Kompol Hery Mulyanto.

Menurut Camat Buduran, Sentot Kunmardianto, pemutaran film ini dinilai penting untuk menanamkan jiwa pratriotisme masyarakat, khususnya generasi muda. “Bahwa negara kita pernah mengalami pahitnya perjuangan, sekaligus mengingatkan generasi muda akan bahayanya paham-paham yang tidak jelas yang bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945.Kegiatan ini melibatkan seluruh elemen masyarakat beserta forpimka untuk menanamkan rasa nasionalisme khususnya pemuda,” kata Sentot Kunmardianto.

Sentot mengharapkan pemutaran film ini tidak hanya sekedar ramai-ramai melihat saja. Namun juga bisa dihayati dan diresapi, sehingga masyarakat harus memahami jika ada potensi paham-paham yang ingin merongrong NKRI. “Masyarakat harus waspada untuk menyikapi paham-paham yang tidak jelas, apalagi paham yang ingin merongrong NKRI,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo, HM Taufiqulbar mengaku setuju dengan pemutaran film G30S/PKI yang kini banyak dilakukan instansi pemerintahan. Hal ini lantaran generasi sekarang banyak yang tidak tahu tragedi pemberontakan memilukan itu. “Jangan sampai karena tidak tahu, generasi muda malah menjadikan simbol komunis sebagai mode baju. Ini jangan sampai terjadi,” jelasnya.(pur)

Keterangan gambar : Nobar film G30S/PKI.(ist)

Related posts

Leave a Comment