Kabupaten Blitar Tak Boleh Ikut Lomba Asman Toga Tingkat Nasional

ADAKITANEWS, Blitar – Dua tahun berturut-turut Kabupaten Blitar berhasil meraih juara nasional lomba Asman Toga dan Akupresure. Sehingga, di tahun ini Kabupaten Blitar dilarang mengikuti lomba kembali di tingkat nasional.

“Kita tidak boleh ikut lomba yang tingkat nasional, tapi tetap diperbolehkan mengikuti lomba untuk tingkat provinsi,” kata dr Cristine Indrawati, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Rabu (06/02).

dr Christine menjelaskan, bulan ini pihaknya tengah mempersiapkan beberapa kelompok masyarakat yang akan mengikuti lomba asman toga dan akupresure. Kemudian akan dilanjutkan dengan seleksi dokumen.

“Setelah itu, pada April 2019 akan dilakukan penilaian lapangan, baru nanti diumumkan juara tingkat Kabupaten Blitar dan mewakili untuk ikut lomba tingkat Provinsi,” jelasnya.

Menurut dr Cristine, jika nanti Kabupaten Blitar mendapat juara satu tingkat provinsi, maka yang berhak mewakili tingkat nasional adalah peringkat di bawahnya.

Untuk saat ini, lanjut dr Cristine, bagi masyarakat atau kelompok tani yang memiliki asman toga dan akupresure bisa mendaftarkan atau konsultasi dengan puskesmas yang ada di daerahnya masing-masing.

“Perlu diketahui, asman toga dan akupresure bukan merupakan hal yang bisa menyembuhkan penyakit, melainkan bisa membantu mengurangi rasa sakit pada tubuh manusia,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: dr Cristine Indrawati, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar.(foto: fathan)

Related posts

Leave a Comment