Jumlah Penerima Rastrada di Kota Blitar Berkurang

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Ratusan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program Beras Sejahtera (Rastrada) di Kota Blitar tahun ini dipastikan tidak lagi bisa menerimanya. Ada aturan yang mengharuskan mereka tidak bisa menerima Rastrada.

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Blitar, Jito Baskoro mengatakan, jumlah KPM Rastrada tahun 2018 mencapai 11.624 KPM. Sementara di tahun 2019 ini ada penurunan 190 KPM dan tinggal 11.434 KPM.

“Mulai tahun ini, ratusan KPM yang tahun lalu menerima Rastrada tidak bisa lagi menerimanya,” kata Jito, Senin (20/05).

Jito menjelaskan, penurunan jumlah KPM ini sebagaimana ketentuan Perwali tahun 2018. Dimana bagi KPM yang meninggal atau pindah masih diberi kelonggaran untuk diganti melalui usulan dari tingkat RT/RW, Lurah dan Camat. Namun untuk tahun 2019, sebagaimana Perwali nomor 7 tahun 2019 tentang petunjuk pelaksanaan Rastrada ini, ada penyempurnaan bagi KPM yang pindah atau meninggal tidak boleh diganti langsung.

“Kalau dulu kan masih bisa diusulkan, meskipun yang bersangkutan meninggal atau pindah. Tapi sekarang mengacu Perwali baru, sudah tidak bisa,” ujarnya.

Jito menambahkan, setiap bulan KPM berhak menerima 10 kilogram beras. Namun pencairannya diberikan empat bulan sekali. Sehingga dalam satu tahun, mereka menerima 3 kali.(fat/wir)

Keterangan gambar: Jito Baskoro, Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment