Joglo Makaryo Berbagi Masker Untuk Peduli

ADAKITANEWS, Kediri – Komunitas Pemuda di Kecamatan Banyakan yang menamai dirinya Joglo MakarYo, melakukan aksi bagi-bagi masker, Jumat (11/09).

Kegiatan yang digelar di wilayah Kecamatan Banyakan tersebut merupakan bentuk aksi solidaritas akibat meningkatnya angka kasus Covid-19 di lingkungan Kecamatan Banyakan, sekaligus mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga protokol kesehatan.

Koordinator aksi, Daton Siswanto menjelaskan bahwa komunitas masyarakat sangat penting untuk bergerak secara aktif memberikan perhatian ke sesama. Dengan meningkatnya angka jangkitan Covid-19, kata dia, masyarakat perlu memperhatikan protokol kesehatan, salah satunya adalah menggunakan masker.

“Kami dari kelompok masyarakat mencoba untuk mengingatkan pentingnya protokol kesehatan. Apalagi ini ada peningkatan angka jangkitan Covid-19. Kami sebagai bagian dari masyarakat bergerak secara aktif untuk mengingatkan pentingnya protokol kesehatan, dengan aksi membagikan masker ini,” terangnya.

Daton menjelaskan, sumber dari pembagian masker ini didapati dari donasi yang dilakukan oleh masyarakat dan anggota Joglo MakarYo sendiri. Selain itu juga mendapatkan sumbangsih dari birokrasi Kecamatan Banyakan yang merespon positif aksi para pemuda tersebut.

“Sumber dari aksi bagi masker yang kami lakukan berasal donasi masyarakat dan anggota. Selain dari donasi, Pemerintah Kecamatan Banyakan juga memberikan bantuan masker. Kami merasa bangga dengan apa respon positif dari pihak Pemerintah,” jelas Daton.

Tak hanya di Kecamatan Banyakan, aksi ini rencananya akan berlanjut terus bahkan ke luar wilayah Kecamatan Banyakan. Menurut Daton, kepedulian perlu ditularkan dan Joglo MakarYo sendiri masih membuka pintu donasi bagi masyarakat yang memiliki kepedulian.

“Kami akan terus melakukan aksi ini. Mungkin wilayah Kecamatan Banyakan yang merupakan asal dari kawan-kawan ini menjadi permulaan aksi. Ke depan kami merencanakan akan melakukannya di luar Kecamatan Banyakan. Kami pun masih membuka donasi bagi masyarakat yang mau menyalurkan kepeduliannya. Kemungkinan ke depan bukan hanya bagi-bagi masker saja. Kami merencanakan untuk mengembangkan ke aksi-aksi lainnya. Terutama soal kemandirian para pemuda,” pungkas Daton.

Sementara itu, Hari Utomo, Camat Banyakan yang juga Pembina dari Joglo MakarYo merasa bangga atas aksi yang dilakukan oleh para pemuda di Kecamatan Banyakan. “Saya sangat bangga atas apa yang telah dilakukan oleh teman-teman pemuda. Aksi positif seperti ini perlu didukung oleh semua pihak, terutama kami dari Kecamatan Banyakan. Karena pemuda itu adalah masa depan kita bersama. Atas dasar ini, pengembangan di tengah para pemuda harus didorong dan didukung,” terang Hari Utomo.(*/kur)

Keterangan gambar: Aksi bagi-bagi masker oleh Joglo MakarYo.(ist)

Related posts

Leave a Comment