Jelang Kurban Stok Sapi di Blitar Melimpah

ADAKITANEWS, Blitar – Berdasarkan data dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Blitar, saat ini jumlah hewan kurban seperti kambing dan sapi mencapai ratusan ribu ekor.

Masyarakat yang ingin membeli hewan kurban pun tidak perlu khawatir, karena di Kabupaten Blitar stok hewan untuk kurban sapi dan kambing sangat melimpah.

Plt Sekretaris Disnakkan Kabupaten Blitar, Yudha Satya Wardhana melalui pegawai bidang pengawasan lalu lintas hewan, Nanang Miftahuddin mengatakan, saat ini jumlah stok sapi jumlahnya sekitar 150 ribu ekor. Jumlah tersebut sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban di Kabupaten Blitar. “Tidak hanya mencukupi, jumlah tersebut malah melebihi kebutuhan hewan kurban di Kabupaten Blitar,” ungkapnya, Sabtu (11/08).

Menurut Nanang, jumlah populasi sapi di Kabupaten Blitar sangat banyak, sehingga sebagian stok yang tersedia dikirim ke luar daerah. Saat ini jumlah pengiriman sapi ke luar daerah mencapai puluhan ekor setiap harinya.

“Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan daging di Kabupaten Blitar, rata-rata 20 ekor sapi per hari,” jelasnya.

Meski demikian, menjelang hari raya kurban jumlah permintaan sapi dari luar daerah ada peningkatan dua kali lipat dari hari biasanya. Sementara untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pihaknya tetap menerapkan prosedur sebelum sapi dikirim ke luar daerah.

“Hewan yang akan dikirim ke luar daerah, baik untuk kebutuhan hewan kurban atau untuk kebutuhan daging, harus memenuhi beberapa persyaratan,” pungkasnya.

Beberapa persyaratan tersebut, lanjut Nanang, yakni hewan tersebut harus lolos kesehatan dan terlebih dulu dilakukan pemeriksaan. Setelah selesai diperiksa akan dibuatkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang merupakan persyaratan hewan yang akan dikirim ke luar daerah, terutama yang dikirim ke luar provinsi.

“Intinya kalau akan dikirim ke luar daerah, akan dicek kesehatannya jika lolos akan diterbitkan SKKH,” imbuhnya.(fat)

Keterangan gambar: Disnakkan Kabupaten Blitar saat mengecek kondisi hewan kurban.(ist)

Related posts

Leave a Comment