Jajaki Kerjasama Pemasaran Produk Pertanian dengan Kementerian Perekonomian dan Bank Indonesia

ADAKITANEWS, Nganjuk – Pemerintah Kabupaten Nganjuk saat ini tengah menjajaki kerjasama pemasaran produk hasil pertanian dengan Kementerian Perekonomian dan Bank Indonesia. Hal itu dilakukan dalam upaya mendorong pertumbuhan dan perkembangan ekonomi masyarakat.

Kepala Divisi Pengembangan Bank Indonesia DKI Jakarta, Djoko Raharto menjelaskan, dalam kunjungannya ke Kabupaten Nganjuk pihaknya didampingi sejumlah perusahaan yang manangani pemasaran berbagai jenis komoditi pertanian, sayuran, dan perkebunan.

“Kabupaten Nganjuk dikenal sebagai daerah penghasil berbagai komoditi pertanian dan perkebunan. Hanya saja, belum adanya kerjasama dalam pemasaran produk dengan perusahaan-perusahaan skala nasional menjadikan produk hasil pertanian dan perkebunan dari Kabupaten Nganjuk belum terpasarkan dengan maksimal,“ jelas Djoko Raharto yang juga merupakan mantan Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia Kediri itu, Kamis (31/10).

Hal itu menurut Djoko, karena produk hasil pertanian dan perkebunan dipasarkan melalui banyak pihak. Apabila nanti ada nota kerjasama antara Pemkab Nganjuk dengan perusahaan pemasaran nasional, maka harga komoditi pertanian dan perkebunan bisa lebih baik, dan produk juga bisa dipasarkan secara internasional sehingga Nganjuk semakin dikenal.

Sementara itu Wakil Bupati Nganjuk, Dr Drs H Marhaen Djumadi, S.E, S.H, M.H, MBA., mengatakan, di Kabupaten Nganjuk sekarang ini mempunyai misi “Nganjuk Sehat” yang diaplikasikan dengan penerapan budidaya pertanian yang sehat non kimia atau disebut pertanian organik.

Oleh karena itu, kata pria yang akrab disapa Kang Marhaen ini, adanya kegiatan pertemuan dengan Kementerian Perekonomian dan Bank Indonesia (BI) diharapkan akan terjadi transaksi–transaksi pemasaran komoditi pertanian Kabupaten Nganjuk, baik dalam skala kecil maupun besar.

“Ini meruakan penjajakan kerjasama yang positif, dan kami harap bisa diwujudkan sehingga produk hasil pertanian dan perkebunan Nganjuk bisa Go International,” tegasnya.(*/kur)

Keterangan gambar: Kang Marhaen bersama dengan Kepala Divisi Pengembangan Bank Indonesia DKI Jakarta, Djoko Raharto.(nganjukkab.go.id)

Related posts

Leave a Comment