Inspektorat Lamongan Gandeng BPS Untuk Survei Integritas

ADAKITANEWS, Lamongan – Inspektorat Lamongan menggandeng Badan Pusat Statistik (BPS) untuk menyelenggarakan Survei Penilaian Integritas (SPI). Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama tersebut dilakukan di Guest House Pemkab Lamongan, Rabu (14/08). Hal ini dilakukan karena mulai tahun ini SPI yang dirilis oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan dinilai melalui BPS.

Kepala BPS Lamongan, Ellyn Tambarnita Brahmana usai menandatangani kerjasama yang disaksikan Bupati Lamongan, Fadeli mengaku tidak bisa mengungkapkan materi apa saja yang akan ditanyakan dalam survei. “Hal-hal apa yang akan ditanyakan masih bersifat rahasia,” ujar Ellyn Tambarnita Brahmana.

Menurutnya, integritas adalah sesuatu yang biasa dilakukan. Sehingga tidak perlu dipersiapkan ketika ada survei. Dia menjelaskan terdapat enam lokus SPI. Yakni dinas yang membidangi perhubungan, kesehatan, infrastruktur, pengelolaan keuangan, pendapatan daerah, dan pengadaan barang dan jasa.

“Sementara penilaiannya akan mulai kami lakukan pada September mendatang,” katanya menambahkan.

Di tempat sama Bupati Lamongan, Fadeli mengungkapkan pada tahun ini akan ada 10 kecamatan, 10 puskesmas serta 4 organisasi perangkat daerah (OPD) pelayanan yang dicanangkan sebagai zona integritas. “Agar para camat, Kepala Puskesmas dan seluruh Kepala OPD pelayanan memperhatikan apa yang disampaikan oleh Kepala BPS. Dan Kepala BPS agar memberikan rambu-rambu kepada OPD yang akan dinilai SPI-nya,” kata Fadeli.

Perlu diketahui, di bidang upaya pencegahan korupsi, Kabupaten Lamongan adalah salah satu yang terbaik di Indonesia. Dalam Monitoring Center for Prevention (MCP) oleh KPK di 2018, Lamongan menjadi satu-satunya daerah di Jawa Timur yang masuk rangking 4 besar.

Di sisi lain, mulai tahun ajaran 2019/2020, kurikulum untuk jenjang SD dan SMP di Kabupaten Lamongan akan ditambah dengan pendidikan anti korupsi. Pembelajaran pendidikan anti korupsi tersebut dimasukkan sebagai insersi implementasi dalam mata pelajaran di SD dan SMP.(prap)

Keterangan gambar: Kepala BPS Lamongan, Ellyn Tambarnita Brahmana usai menandatangani kerjasama yang disaksikan Bupati Lamongan, Fadeli.(ist)

Related posts

Leave a Comment