Hingga Pertengahan Mei, Jumlah Pekerja Migran Indonesia di Kota Blitar Capai 72 Orang

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Bekerja di luar negeri masih menjadi primadona bagi sejumlah masyarakat di Kota Blitar. Terbukti, hingga pertengahan Mei 2019, puluhan masyarakat dari Kota Blitar tercatat sudah berangkat bekerja ke luar negeri.

Kepala Bidang Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Blitar, Hari Wahyudi mengatakan, hingga pertengahan Mei 2019 jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau saat ini disebut Pekerja Migran Indonesia (PMI) mencapai 72 orang. Sedangkan selama tahun 2018 lalu, jumlah PMI mencapai 297 orang.

“Untuk sementara jumlah PMI terbanyak tahun ini dengan tujuan Hongkong sebanyak 39 orang. Sementara selama tahun 2018 lalu, PMI terbanyak menuju Taiwan dengan jumlah 97 orang,” kata Hari, Jumat (17/05).

Menurutnya, mayoritas mereka bekerja menjadi tenaga informal, seperti baby sister dan lain-lain. Ia memprediksi kemungkinan tahun ini ada kenaikan jumlah PMI, karena masyarakat melihat peluang memperoleh pekerjaan diluar negeri lebih besar.

“Sebenarnya ini juga mengurangi angka pengangguran di Kota Blitar. Tetapi memang sebaiknya bisa bekerja di wilayah sendiri. Jadi ini tentu tugas kita untuk menyediakan pekerjaan sebanyak-banyaknya di Kota Blitar ini,” ujarnya.

Sementara itu Hari menambahkan, untuk jumlah keseluruhan PMI pada tahun 2017 mencapai 203 orang, dengan tujuan terbanyak menuju Hongkong.(fat/wir)

Keterangan gambar: Hari Wahyudi, Kepala Bidang Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment