Hingga Bulan Juli, Realisasi PBB P2 Rendah

ADAKITANEWS, Blitar – Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Blitar, Ismuni mengatakan, hingga bulan Juli 2017 ini realisasi Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) di Kabupaten Blitar hanya mencapai sebesar 39 persen. Menurutnya, jumlah ini masih jauh dari target yang sudah ditentukan oleh Bapenda Kabupaten Blitar.

“Ya seharusnya realisasinya sudah mencapai sekitar 50 persen. Ini jelas jauh dari target kita,” katanya, Senin (10/07).

Ismuni mengaku, sebenarnya ini merupakan persoalan yang klasik karena setiap tahun selalu muncul permasalahan serupa, yakni banyak masyarakat yang memilih membayar PBB P2 mereka mendekati waktu jatuh tempo pada 23 September 2017 mendatang. “Masalah ini tiap tahun selalu terjadi. Karena masyarakat selalu membayarnya pada jatuh tempo,” jelasnya.

Sebelumnya, lanjut Ismuni, pada bulan Mei lalu pihaknya juga telah melakukan evaluasi realisasi PBB P2 pada 22 kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar. Hasilnya, masih ada 2 Kecamatan yang sudah membayar PBB P2, yaitu Kecamatan Panggungrejo dan Kecamatan Bakung. “Kita juga minta pihak desa maupun kecamatan terus memberikan sosialisasi kepada warganya agar segera membayar PBB P2,” tandas Ismuni.

Ismuni menambahkan, pihaknya optimis sebelum waktu jatuh tempo nanti seluruh PBB P2 di Kabupaten Blitar sudah lunas. “Meski saat ini masih rendah, tapi kita tetap yakin bisa terealisasi tepat waktu,” imbuhnya.

Keterangan gambar: Ismuni, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment