Hanya Dapat Tambahan 500 Keping, Kota Blitar Terancam Kekurangan Blangko

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Jumlah warga Kota Blitar yang belum melakukan perekaman dan memiliki KTP elektronik (KTP-el) mencapai 5.242 orang. Namun demikian, ketersediaan blangko KTP-el di Kota Blitar sangat terbatas.

Plt Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Blitar, Priyo Istanto mengatakan, pemerintah pusat hanya mengirim tambahan blangko sebanyak 500 keping. Kalau dibandingkan dengan kebutuhan KTP-el di Kota Blitar masih sangat kurang.

“Beberapa waktu lalu saya baru dari Jakarta. Tapi hanya dapat tambahan blangko KTP-el sebanyak 500 keping,” kata Priyo, Jumat (12/07).

Menurutnya, tambahan 500 keping blangko KTP-el itu hanya cukup untuk melayani masyarakat selama delapan hari. Karena setiap hari pihaknya melayani pencetakan KTP-el rata-rata 60 sampai 70 orang. Meski ketersediaan blangko terbatas, Dispendukcapil tetap dapat melayani pencetakan KPT-el untuk masyarakat.

“Sejauh ini kita belum pernah mengeluarkan surat keterangan (suket) karena kehabisan blangko KTP-el. Karena sebelum blangko habis kita langsung ke Jakarta lagi untuk meminta tambahan blangko. Jadi, meski ketersediaan terbatas, pelayanan KTP-el tetap terpenuhi. Kondisi kekurangan blangko ini hampir terjadi merata di semua daerah,” ujarnya.

Priyo menambahkan, untuk 5.242 warga yang belum perekaman KTP-el pihaknya sudah mengupayakan dengan cara jemput bola dengan mengundang warga untuk perekaman di kantor kelurahan dan kecamatan.

“Kita akui respons masyarakat soal perekaman KTP-el masih rendah.
Banyak warga yang tidak datang ketika diundang untuk perekaman di kantor kelurahan maupun kantor kecamatan,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Priyo Istanto, Plt Dispendukcapil Kota Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment