Halal Bi Halal Pererat Tali Silaturahmi Antara Staf dengan Pimpinan

ADAKITANEWS, Lamongan – Pasca libur Hari Idul Fitri 1 Syawal 1440 H/2019, Pemkab Lamongan menggelar kegiatan Halal Bi Halal, Senin (10/06) di halaman kantor Pemkab Lamongan. Kegiatan semacam ini merupakan tradisi dalam rangka mempererat tali silaturahmi antara staf dengan pimpinannya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Lamongan, Kartika Hidayati beserta suami, Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, Debby Kurniawan beserta istri, dan seluruh staf di Kabupaten Lamongan.

Pada kesempatan ini Bupati Lamongan, Fadeli dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh staf atas pencapaian kerja selama Ramadan. “Saya sampaikan rasa terima kasih atas kinerja yang bagus selama bulan puasa tahun ini. Kami berharap, agar semangat bekerja ini tetap tetap dijaga konsistensinya setelah hari raya,” ujarnya.

Pada acara yang sama, Sekkab Yuhronur Efendi juga mengingatkan kembali terkait perubahan jam kerja yang dimulai pada 10 Juni 2019. “Mulai hari ini dan seterusnya, jam kerja hari untuk Senin-Kamis pukul 07.30 – 15.30 WIB, dan hari Jumat pukul 06.30 – 15.00 WIB,” kata dia.

Sementara itu Agus Hendrawan, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Lamongan menjelaskan secara terpisah terkait jam kerja baru Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Lamongan tersebut.

“Jika sebelumnya pada hari Senin sampai dengan Kamis ASN masuk pukul 07.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB, saat ini menjadi masuk pukul 07.30 WIB dan pulang pukul 15.30 WIB. Sedangkan untuk hari Jumat masuk pukul 06.30 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB. Sebelumnya masuk pukul 07.00 WIB sampai dengan 14.30 WIB,” jelasnya.

Hal tersebut, dijelaskan Agus, untuk memenuhi jam kerja 37,5 jam selama lima hari kerja bagi ASN sesuai dengan ketentuan KemenPAN dan RB. Jika sebelumnya senam kesegaran jasmani jam 06.00 WIB di hari Jumat tidak terhitung jam kerja, sekarang sudah dimasukkan jam kerja dan digeser ke pukul 06.30 WIB.

Dalam Peraturan Bupati Lamongan Nomor 17 Tahun 2019 tentang Pengaturan Hari dan Jam Kerja Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lamongan, juga diatur tentang jam istirahat di hari Senin sampai dengan Kamis. Karena sebelumnya, hanya diatur tentang jam istirahat di Hari Jumat saja. Yakni pukul 11.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB.

“Jadi pada peraturan Bupati tersebut sekarang diatur jam istirahat ASN. Yakni pukul 12.00 WIB sampai dengan 12.30 WIB pada hari Senin sampai dengan Jumat. Kemudian pukul 11.30 WIB sampai dengan 12.30 WIB pada hari Jumat,” ungkap Agus Hendrawan.

Jam kerja tersebut menurutnya diberlakukan sejak hari pertama kerja usai libur lebaran Idul Fitri 1440 H, yakni Senin, 10 Juni 2019. Perubahan jam kerja ini juga diputuskan melalui banyak pertimbangan, diantaranya untuk meningkatkan produktivitas ASN.

Banyaknya ASN yang tempat tinggalnya jauh dari tempat kerja juga membuat kehadiran apel di jam 7 pagi kurang signifikan. Selain dari pada itu, di jam tersebut banyak yang mengantar anaknya sekolah.

“Jadi dengan jam kerja yang baru diharapkan meningkatkan produktivitas ASN tanpa mengurangi jam kerja. Sementara, untuk jam kerja di lembaga pendidikan mulai dari sekolah dasar dan sekolah menengah pertama diatur oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan. Sedangkan bagi unit kerja atau perangkat daerah yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat atau yang mencakup kepentingan masyarakat luas seperti rumah sakit, Puskesmas, dan BUMD diserahkan kepada unit kerja masing-masing. Sehingga pelayanan tetap berjalan optimal”, tandasnya.(prap)

Keterangan gambar: Bupati Lamongan, Fadeli saat halal bi halal dengan staf.(ist)

Related posts

Leave a Comment