Gelar Ops Zebra 14 Hari, Pengendara yang Gunakan Ponsel di Jalan Bakal Ditilang

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Polresta Sidoarjo akan menindak tegas pengendara yang kedapatan berkendara di jalan raya sambil menggunakan ponsel. Penegakan hukum tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan dalam berkendara, serta meminimalisir angka kecelakaan di jalan raya.

Hal itu ditegaskan Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji saat memimpin apel gelar pasukan kesiapan Operasi Zebra Semeru tahun 2018 di Polresta Sidoarjo yang digelar di halaman Mapolresta Sidoarjo, Selasa (30/10) pukul 07.00 WIB.

Orang nomor satu di jajaran Polresta Sidoarjo tersebut memaparkan, bahwa Ditlantas serta jajaran Polda Jatim akan menggelar Operasi Zebra Semeru tahun 2018 selama 14 hari kedepan. Yakni mulai tanggal 30 Oktober hingga 12 November dan berlaku bagi seluruh pengendara kendaraan bermotor di jalan raya.

“Sasaran penindakan, adalah pengendara yang menggunakan telepon genggam saat mengemudi, melawan arus atau pengendara roda dua yang berboncengan lebih dari dua orang,” ujarnya.

Kombes Pol Himawan menguraikan, dalam kegiatan ini kepolisian akan mengedepankan penegakan hukum disertai kegiatan preemtif dan preventif secara selektif dan prioritas. “Bagi pengendara yang melanggar maka akan ditilang,” tegas Kapolresta Sidoarjo kepada wartawan usai apel gelar pasukan.

Tidak hanya itu, pada titik-titik jalan raya yang rawan kecelakaan, kemacetan dan tempat keramaian juga akan menjadi fokus utama dalam Operasi Zebra Semeru kali ini. Menurutnya, angka fatalitas kecelakaan juga dipengaruhi beberapa hal diantaranya faktor human error dan infrastruktur yang perlu perbaikan.

“Pusat berkumpulnya arus lalulintas dan tempat berkumpulnya masyarakat seperti tempat belanja, pabrik-pabrik sesuai hasil evaluasi yang sudah dilakukan anggota,” paparnya.

Sesuai perintah, Polresta Sidoarjo rencananya akan menerjunkan 115 personel. Dengan luasan wilayah lalulintas yang ada di Kabupaten Sidoarjo saat ini, diakui Kapolresta jumlah tersebut tidak mungkin bisa melakukan pengamanan secara menyeluruh ke semua daerah yang ada. “Polresta Sidoarjo dan jajaran akan dukung Operasi Zebra ini dengan kegiatan cipta kondisi yang sudah dilakukan secara rutin selama ini,” pungkasnya.

Sementara, Kasatlantas Polresta Sidoarjo, Kompol Dhyno Indra Setyadi menambahkan, diselenggarakan Operasi Zebra ini bertujuan untuk mewujudkan Kamsebtibcar Lantas (Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran lalu lintas) menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019.

“Agar masyarakat merasakan keamanan dan kenyamanan bersama saat berkendara di jalan raya dan meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan raya,” imbuh mantan Kasat Lantas Polres Kediri tersebut.

Keterangan gambar : Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji mengecek sejumlah personel yang akan bertugas dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru tahun 2018.(foto : andri santoso)

Related posts

Leave a Comment