Gandeng Perusahaan, Bupati Teken MoU Bangun Pos Damkar

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melakukan perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan salah satu perusahaan di Sidoarjo, PT Ecco Indonesia, untuk membangun Pos Pemadam Kebakaran (Damkar) unit Candi, Selasa (20/02).

Penandatangan MoU pembangunan Pos Damkar di area pabrik sepatu ini, dilakukan langsung oleh Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah dengan Presiden Direktur PT Ecco Indonesia, Gary Smale.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo, Dwijo Prawito selaku panitia kegiatan menjelaskan bahwa Pos Damkar yang akan dibangun tersebut merupakan pos kelima yang dimiliki oleh Kabupaten Sidoarjo.

“Pertama berada di Buduran Lingkar Timur, kedua di Kecamatan Krian tepatnya di RPH Krian, Kecamatan Waru yang berlokasi di PT Cat Indah Jaya Paragon, dan di Kecamatan Porong di area pasar Porong,” katanya.

Dwijo menambahkan, Pos Damkar ini nantinya akan dibangun di atas lahan seluas 340 meter persegi. Sedangkan untuk mobil pemadam dan personelnya, juga bakal disediakan oleh Pemkab Sidoarjo. “Dengan adanya Pos Damkar Unit Candi ini akan mempercepat respon time jika terjadi bencana kebakaran di wilayah Kabupaten Sidoarjo,” jelasnya.

Sementara itu Direktur Supply Chain, Adam Hidari menyampaikan bahwa PT Ecco Indonesia sangat mendukung pembangunan Pos Damkar yang merupakan program Pemkab Sidoarjo dalam menanggulangi bencana. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sidoarjo yang telah menjadikan PT Ecco ini sebagai salah satu titik penanggulangan bencana di Kabupaten Sidoarjo,” ujarnya.

Terpisah, Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah dalam pemaparannya mengaku menyambut baik program CSR dari PT Ecco ini. Menurutnya hal tersebut merupakan tanda bahwa PT Ecco sangat peduli terhadal Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dan masyarakat sekitar. “Dengan bertambahnya Pos Damkar ini akan mempercepat pelayanan bencana kebakaran, respon timenya bisa 10 menit langsung sampai lokasi,” katanya.

Meski telah memiliki beberapa Pos Damkar, Bupati yang akrab disapa Abah Ipul ini mengakui bahwa hingga saat ini masih ada kendala dalam penanggulangan kebakaran, yakni kemacetan. “Untuk itu di tahun 2018 ini saya meminta kepada Dinas PUPR segera menuntaskan pembangunan jalan Frontage Road untuk mengurai kemacetan yang terjadi di wilayah Sidoarjo. Dan saya berharap kedepan seluruh wilayah di Sidoarjo yang meliputi 18 Kecamatan memiliki Pos Damkar masing–masing,” harapnya.(*/kur)

Keterangan gambar: Kegiatan MoU pembangunan Pos Damkar antara Pemkab Sidoarjo dengan PT Ecco Indonesia.(ist)

Related posts

Leave a Comment