E-Tilang CCTV di Kabupaten Blitar Belum Berlaku

ADAKITANEWS, Blitar – Selama beberapa hari terakhir warga Kabupaten Blitar mempertanyakan pemberlakuan sistem pencatatan tilang kendaraan yang melanggar melalui kamera CCTV.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar menyatakan bahwa di wilayah Kabupaten Blitar sampai saat ini belum menerapkan sistem tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Blitar, Toha Mashuri mengatakan, penerapan uji coba tilang elektronik atau e-tilang memang telah diberlakukan di beberapa daerah. Hal itu karena di beberapa daerah tersebut sudah memiliki peralatan Traffic Management Centre (TMC) yang sangat memadai.

“Kita belum punya peralatan yang memadai, jadi di wilayah Kabupaten Blitar sistem penilangan elektronik ini belum bisa diterapkan,” kata Toha, Sabtu (23/03).

Selain itu, lanjut Toha, perlu dilakukan koordinasi lebih lanjut bersama dengan Polres Blitar maupun Polres Blitar Kota. Menurut Toha, di Kabupaten Blitar kurang lebih sudah terpasang CCTV di sembilan titik. Namun peralatan masih belum memadai, dan hanya bisa dimanfaatkan untuk pemantauan arus lalu lintas.

“Kita sudah punya CCTV di sembilanan titik. tapi itu sampai saat ini masih kita gunakan untuk memantau lalu lintas. Sehingga jika akan diberlakukan e-Tilang, maka harus melakukan penyesuaian peralatan terlebih dulu,” ujarnya.

Toha menambahkan, jika sudah ada kejelasan informasi maka pihaknya akan segera menyampaikan kepada masyarakat luas mengenai penerapan e-tilang tersebut. Meski demikian diharapkan masyarakat tetap mentaati aturan lalu lintas.(fat/wir)

Keterangan gambar: Toha Mashuri, Kepala Dishub Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment