Dugaan Kecurangan, Warga Tuntut Pilkades Diulang

ADAKITANEWS, Nganjuk – Ratusan warga Desa Ngepung Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk mendatangi kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Nganjuk di Jalan Raya Kedondong Kecamatan Bagor, Senin (18/02) pagi.

Massa gabungan dari 3 calon Kepala Desa ini membentangkan spanduk dan beberapa poster. Mereka berunjuk rasa dan menduga kemenangan Hendra Saputra calon Kades terpilih sarat dengan kecurangan, dan disinyalir dibantu panitia.

Setelah melakukan orasi, sekitar sepuluh orang perwakilan dari Desa Ngepung Kecamatan Patianrowo akhirnya melakukan diskusi di Posko Pilkades serentak Gelombang II Kabupaten Nganjuk. Mereka ditemui oleh Wakil Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, Kepala Dinas PMD, Dra Widarwati Dhalilah, Sekretaris Dinas PMD, Drs Eko Sutrisno MM, Camat Patianrowo, Subani, dan Kapolsek Patianrowo, AKP Joni Suprapto, SH.

Suyadi, juru bicara perwakilan warga mengatakan, dalam Pilkades Ngepung disinyalir panitia sudah terkondisikan semua. Bahkan, ada oknum polisi aktif yang ikut mengarahkan ke salah satu calon tertentu. “Apakah anggota polisi aktif bisa menjadi panitia?. Karena saya melihat ada dugaan kecurangan di sini,” katanya.

Untuk itu lanjut Suyadi, warga Desa Ngepung Kecamatan Patianrowo meminta agar Pilkades Ngepung diulang, dan pihak Dinas PMD Kabupaten Nganjuk yang menjadi panitia. “Harus diadakan pilihan ulang, dan kami menolak hasil Pilkades Ngepung,” tegas Suyadi.

Menanggapi hal itu Wabup Nganjuk, Marhaen Djumadi mengatakan, pihaknya menerima aspirasi dari warga Desa Ngepung Kecamatan Patianrowo. Dan dlam waktu dekat pihaknya akan menurunkan tim investigasi.

“Tim ini nantinya akan mencari tahu kebenaran atas apa yang telah disampaikan oleh perwakilan warga. Hasilnya nanti kita diskusikan lagi untuk memutuskan, apakah ada pilkades ulang atau tidak,” jelasnya.(ng1)

Keterangan gambar: Ratusan warga saat berunjuk rasa di depan Kantor Dinas PMD.(foto suprapto)

Related posts

Leave a Comment