Dua UPT Layanan Adminduk di Blitar, Beroperasi Akhir Tahun

ADAKITANEWS, Blitar – Layanan administrasi kependudukan (Adminduk) secara online kini terus dikembangkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar. Namum demikian, sejumlah upaya lain juga telah dilakukan, satu diantaranya melalui pelayanan yang bisa dilakukan di kantor desa maupun kantor kecamatan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar, Luhur Sejati mengatakan, diperkirakan pada September 2019 nanti dua UPT layanan dokumen adminduk yang didirikan di Kecamatan Srengat dan Wlingi sudah bisa beroperasi. Sehingga, masyarakat wilayah barat dan timur tidak perlu datang ke kantor Dispendukcapil untuk mengurus dokumen adminduk.

“Kita prediksi akhir tahun sudah bisa beroperasi. Sehingga nanti cukup diproses di tingkat kecamatan. Nanti dokumen yang sudah dicetak bisa diambil atau dikirimkan melalui jasa kurir kantor pos,” kata Luhur, Jumat (10/05).

Luhur menjelaskan, ada beberapa layanan yang disediakan, yakni meliputi pecah KK, E-KTP, akta lahir, akta kematian, pindah alamat antar desa dan kecamatan, sehingga bisa mengurangi antrean di kantor Dispendukcapil.

“Semua data berkaitan dengan adminduk nanti bisa diakses. Jadi kita yakin bisa kurangi antrean di kantor Dispendukcapil,” ujarnya.

Luhur menambahkan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar setiap program layanan dokumen adminduk bisa dipahami dan bisa diterapkan oleh masyarakat.(fat/wir)

Keterangan gambar: Luhur Sejati, Kepala Dispensukcapil Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment