DPRD Blitar Desak Pemkab Sampaikan DED Pembangunan Pasar Kanigoro

ADAKITANEWS, Blitar – Pembangunan Pasar Kanigoro di Satreyan Kanigoro Kabupaten Blitar ditargetkan bakal dimulai Juni 2018 mendatang. Namun demikian, DPRD Kabupaten Blitar hingga kini belum menerima laporan atau penyampaian Detail Enginering Design (DED) pembangunan Pasar Kanigoro dari Pemerintah Kabupaten Blitar, dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

Pernyataan itu disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Blitar, Ahmad Rifai. Menurutnya, pimpinan DPRD sudah menyepakati bahwat tindak lanjut pasar di Satriyan Kanigoro, eksekutif harus segera menyampaikan DED sekaligus perencanaan serta izin-izin lain, baik amdal lalulintas maupun amdalnya.

“Sampai sekarang kita belum menerima pemaparan dari Disperindag terkait DED pembangunan Pasar Kanigoro di Satriyan. Padahal, dari hasil rapat kerja 2 pekan lalu dengam Disperindag, mereka menyatakan kesiapannya untuk segera memaparkannya,” kata Rifai, Selasa (01/05).

Untuk waktu penyampaian DED kepada dewan minimal pertengahan Mei harus sudah diberikan. Agar dewan juga mengetahuinya, sehingga bisa ikut mensosialisasikan. Selain itu, pihaknya juga perlu ikut mengetahui sejauh mana proses pembangunan yang anggarannya sudah disiapkan.

“Sebenarnya jauh-jauh hari sudah memberikan peringatan, bahwa dengan limit waktu yang mepet ini Disperindag mampu menyiapkan segala sesuatunya. Namun kini dimungkinkan Dinas harus bekerja keras untuk tahapan-tahapan sampai pada pelaksanaan pembangunan,” jelasnya

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Blitar Puguh Imam Susanto mengatakan, sudah ada penetapan lokasi pembangunan pasar kanigoro melalui surat keputusan yang telah diputuskan pada 9 Maret yang lalu, kemudian dilanjutkan dengan proses pembuatan desain bangunan Pasar Kanigoro. Sehingga hingga sekarang proyek pembangunan pasar belum dilelang kepada pihak ketiga.

” Setelah semua proses desain selesai, maka akan segera kita ajukan ke bagian pengadaan barang dan dilanjutkan proses lelang, serta yang terakhir proyek fisik akan dimulai pada bulan Juni 2018,” terangnya.

Untuk diketahui, pada pembangunan Pasar Kanigoro berlokasi di Jalan Manukwari Satriyan Kecamatan Kanigoro, Pemerintah Daerah menyediakan lahan sekitar 3 hektare. Sedangkan anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp 9 miliar yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perdagangan dan APBD 2018.(fat/wir)

Keterangan gambar: Lokasi pembangunan Pasar Kanigoro di Satreyan.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment