DLH Kota Blitar Kekurangan Tenaga Kebersihan

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Blitar masih kekurangan banyak tenaga kebersihan.

Sekarang, jumlah tenaga kebersihan yang khusus bertugas menyapu jalan ada 75 orang. Sedangkan idealnya, jumlah tenaga kebersihan di Kota Blitar sekitar 500 orang.

Kepala DLH Kota Blitar, Pande Ketut Suryadi mengatakan, dengan jumlah tenaga kebersihan yang ada sekarang ini, tugas pekerja menyapu jalan tentu belum maksimal. Karena petugas penyapu jalan belum mencakup semua wilayah di Kota Blitar, dan hanya menyapu jalan di kawasan-kawasan tertentu.

Dijelaskannya, sistem kerja petugas kebersihan juga hanya dua sift, yakni pagi dan sore. Petugas kebersihan hanya bekerja selama enam jam sehari. “Malam tidak ada petugasnya lagi. Padahal setelah disapu, ada daun yang berjatuhan di jalan lagi,” ujarnya, Sabtu (23/09).

Pande berencana akan mengusulkan penambahan tenaga kebersihan penyapu jalan ke Walikota. Penambahan tenaga kebersihan itu dengan sistem kontrak atau outsourcing. Perekrutan tenaga kebersihan itu sekaligus untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Blitar.

“Kami mau mengusulkan penambahan tenaga kebersihan. Mungkin secara bertahap, jumlah tenaga kebersihan di Kota Blitar bisa ideal,” tegas Pande.

Selain itu, lanjut Pande, tenaga kebersihan ini juga bisa dikerahkan untuk membersihkan sampah di sungai. Sekarang, DLH sedang gencar mensosialisasikan ke masyarakat agar tidak membuang sampah di sungai. Menurutnya, perilaku masyarakat membuang sampah di sungai saat ini masih cukup tinggi. Petugas DLH juga memasang tanda larangan membuang sampah di sungai di sejumlah titik di Kota Blitar.

“Mumpung sekarang lagi musim kemarau, kami mengajak masyarakat untuk aktif ikut membersihkan sampah di sungai. Jangan sampai ketika musim hujan, keberadaan sampah di sungai bisa menyebabkan banjir,” terangnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Salah satu petugas kebersihan saat sedang menyapu di jalan Kota Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment