Diyakini Punya Potensi Besar, Petani Kopi dan Kakao di Blitar Bakal Dapat Binaan

ADAKITANEWS, Blitar – Komoditas kopi dan kakao di Kabupaten Blitar diprediksi bakal memiliki hasil yang unggul dan nilai jual tinggi jika dirawat dengan baik. Untuk mewujudkan hal itu, tahun ini rencananya para petani kopi dan kakao akan diberikan pembinaan secara intensif.

Pernyataan tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar, Wawan Widianto. Ia menjelaskan, selama ini pembinaan kepada petani kopi dan petani kakao masih belum maksimal. Padahal, Kabupaten Blitar berpotensial besar menghasilkan dua komoditas tersebut.

“Kita melihat hampir semua wilayah di Kabupaten Blitar memiliki petani kakao, sedangkan petani kopi tersebar di beberapa daerah yang berada di lereng gunung seperti Kecamatan Nglegok, Gandusari, Doko, Kesamben, Selorejo dan lain-lain,” kata Wawan, Sabtu (16/02).

Menurutnya, pembinaan yang bakal dilakukan juga akan melibatkan berbagai instansi terkait lainnya, dimana akan lebih menfokuskan tentang cara perawatan dan juga pengolahan agar bisa menghasilkan komoditas yang bagus serta memiliki nilai jual tinggi.

“Pembinaan kita tekankan pada perawatan dan pengolahan. Selain itu, nantinya pembinaan ini juga akan dilakukan secara bertahap,” pungkaanya.

Wawan menambahkan, jika komoditas kakao dan kopi yang dihasilkan bagus, maka nantinya berdampak pada pendapatan dari petani tersebut, karena akan ada nilai tambah dalam penjualan dua komoditas ini.(fat/wir)

Keterangan gambar: Wawan Widianto, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment