Disnak Tulungagung Gencar Sidak Hewan Kurban

ADAKITANEWS, Tulungagung – Mendekati Hari Raya Kurban, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak) Tulungagung gencar melakukan sidak dan pemeriksaan hewan kurban.

Hasilnya selama pemeriksaan di beberapa pasar hewan, Disnak belum menemukan penyakit pada hewan kurban. “Selama kita lakukan pemeriksaan di sejumlah pasar seperti di Ngunut, Karangrejo, Ngantru dan lainnya, belum ada temuan kasus hewan kurban berpenyakit, termasuk di pasar hewan Beji saat ini,” kata Kabid Kesehatan Hewan Disnak Tulungagung, Mulyanto, Jumat (10/08).

Lanjut Mulyanto, meski nihil temuan penyakit, bukan berarti sudah terbebas dari penyakit. Sidak ini untuk mengantisipasi peredaran hewan ternak tidak layak menjelang Idul Adha. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi kesehatan fisik, serta umur hewan ternak.

“Upaya pemeriksaan akan kita lakukan terus hingga Hari Raya Idul Adha, agar hewan yang akan dijadikan kurban, benar-benar layak dan memenuhi syarat,” ujarnya.

Hanya saja, Mulyanto menemukan sejumlah kambing dan sapi yang dijual untuk hewan kurban, belum powel (giginya tanggal).

“Dalam pemeriksaan tadi kita temukan sejumlah kambing dan sapi masih belum powel, karena itu kita sarankan untuk tidak dijual sebagai hewan kurban,” jelas Mulyanto.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh Disnak ini mulai dari gigi, mata, kulit, kuku, telinga dan sebagainya, termasuk alat kelaminnya. Mulyanto berharap, dengan pemeriksaan hewan tersebut, masyarakat yang akan memilih hewan kurban bisa tenang dan tidak ragu.

“Tetapi masyarakat tetap harus hati-hati, dan teliti saat membeli hewan kurban,” pungkasnya.(bac)

Keterangan gambar : Petugas Disnak saat memeriksa hewan di Pasar Beji.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment